Belajar Biola, 5 Hal Harus Diikuti

1666

Article Top Ad

BIOLA adalah salah satu alat musik string. Berlawanan dengan instrumen lain, biola jauh lebih kompleks dan membutuhkan banyak usaha ekstra untuk bisa menguasai permainannya. Menjadi perfeksionis dalam biola membutuhkan kerja keras, kesabaran, dan dedikasi yang luar biasa. Anda perlu merangkai bersama antara postur dan gerakan tangan yang kompleks, meningkatkan akord, dan senar yang berbeda. Lima hal berikut ini adalah hal penting yang harus Anda ikuti sebagai pemula saat mengambil pelajaran biola.

Sabar
Seperti yang mungkin telah Anda pahami, biola adalah alat musik yang paling sulit untuk dikuasai. Beberapa pemula jenius tampaknya belajar biola dengan sempurna hanya dengan dua hingga tiga tahun berlatih. Tapi kebanyakan butuh waktu lebih lama untuk menjadi pemain biola master. Jelajahi pelajaran biola sebanyak mungkin untuk Anda sebagai pemula. Anda tidak pernah bisa mengetahui durasi pasti yang diperlukan untuk mempelajari instrumen.

Anda tidak pernah bisa belajar sebuah biola dalam semalam. Memang butuh bertahun-tahun kerja keras dan latihan. Sebagai seorang pemula, pertama-tama, Anda harus memahami proses langkah demi langkah memainkan instrumen ini selama beberapa tahun sebelum mulai mempelajari hal-hal yang lebih rumit. Jangan tergesa-gesa untuk langsung memainkan lagu sebelum Anda benar-benar menguasai teknik menghasilkan suara dan nada yang tepat. Tampaknya mengecewakan? Tidak juga. Setiap orang berbeda. Seberapa cepat Anda dapat belajar musik biola sepenuhnya tergantung pada latar belakang musik Anda. Beberapa orang lebih berbakat daripada yang lain dalam memahami hal-hal yang mereka pelajari. Anda mungkin juga orang yang lebih berbakat dalam musik daripada yang lain.

Article Inline Ad

Tetap Termotivasi
Motivasi sangat penting ketika mempelajari alat musik apa pun. Satu-satunya kesalahan besar yang mungkin Anda lakukan saat belajar biola adalah menyerah saat Anda merasa segalanya berjalan sulit. Misalnya, tidak bisa memainkan nada yang benar, sakit punggung saat belajar postur, tidak bisa menggunakan bow dengan benar, dan lain-lain. Selalu merasa termotivasi akan membantu Anda mengatasi situasi sulit apa pun. Berlatih bisa membuat Anda menjadi pemain biola yang hebat. Tetapi motivasi akan membantu Anda berlatih lebih sering dan lebih lama. Anda harus berlatih dan hanya berlatih sampai setiap tindakan berubah menjadi sifat kedua bagi Anda. Ya, waktu sangat berharga! Tapi, Anda tidak perlu gegabah. Ambil jeda dan ambil kembali instrumennya. Anda membutuhkan banyak waktu untuk mengintegrasikan pelajaran baru. Jadi, luangkan waktu Anda dan temukan buku-buku terbaik yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan latihan biola terbaik.

Latar Belakang
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bermain biola? Yah, itu sepenuhnya tergantung pada kepribadian dan pengalaman musisi. Jika Anda belum pernah menyentuh alat musik apa pun atau tidak pernah mempelajari teori musik apa pun, belajar biola akan lebih sulit. Tapi, jika Anda seorang yang mungkin memiliki pengalaman bermain saksofon atau piano, belajar biola akan lebih mudah.

Pengetahuan Anda tentang instrumen lain akan membuat Anda terbiasa dengan banyak teori yang diperlukan dan terlebih lagi akan membuat telinga dan otak Anda tetap terbuka untuk mempelajari konsep musik yang akan sangat membantu saat belajar biola.
Musisi sudah terbiasa dengan esensi sebuah instrumen; mereka hanya membutuhkan pengingat cepat. Seperti misalnya, jika Anda sudah menjadi master piano atau gitar, Anda akan memiliki ketangkasan jari. Ini adalah hal yang paling penting untuk dipelajari untuk biola karena Anda perlu menggunakan jari Anda untuk menekan senar dengan cepat di bagian belakang biola saat memainkan nada yang berbeda.

Namun, banyak orang yang tidak pernah belajar atau memainkan alat musik tetapi mengetahui teori musik. Teori musik sangat penting untuk dipelajari. Ini membantu Anda mengatasi kesulitan yang mungkin Anda temui saat mempelajari alat musik. Tapi, ini sepenuhnya tergantung pada tingkat teori yang dikuasai. Mengetahui teori memang sangat bermanfaat, tetapi tidak serta merta menjadikan Anda seorang pemain biola. Anda perlu mempelajari lebih banyak kosa kata seperti Quaver, Crochet, Minim, Semibreve, Tempo, dan Rhythm. Sangat penting untuk memiliki pemahaman dan penggunaan kosakata ini dalam lagu. Seorang musisi ahli akan membaca musik secepat mungkin dan akan menghabiskan waktu yang jauh lebih sedikit untuk menguraikan bagian tersebut.

Belajar Adalah Proses yang Panjang
Biola tidak mudah dipelajari. Perlu latihan bertahun-tahun untuk menguasainya. Setiap musisi memiliki kriteria yang berbeda. Pemain biola tahu segalanya tentang instrumen. Namun, banyak pemain tidak dapat menjadi bagian dari grup musik profesional atau orkestra. Hal ini tergantung pada kebutuhan musisi dan tujuan belajar instrumen.
Saat mencari guru biola, carilah sosok yang menguasai dua hal sekaligus: praktek dan teori. Musik biola tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jadi, jika Anda ingin menjadi pemain biola profesional, mendengarkan berbagai instrumen akan menjadi latihan yang baik. Ini akan membuat proses belajar Anda lebih menarik.

Selain itu, akan selalu ada cara baru untuk bermain musik, teknik baru untuk dipelajari dan dikuasai, dan instrumen baru untuk dipelajari dan menjadi ahlinya. Untuk menjadi musisi profesional, Anda akan selalu belajar. Dari biola akustik hingga biola elektrik; berpindah dari satu instrumen ke instrumen lainnya adalah perjalanan panjang yang harus dilalui. Jadi jangan pernah memaksakan diri dan ikuti kecepatan Anda. Anda mungkin ingin menjadi pemain biola ahli secepat mungkin. Sayangnya, ini tidak akan terjadi. Jadi, berhati-hatilah. Mendapatkan jungkir balik pada latihan biola Anda bukanlah hal yang praktis untuk direkomendasikan.

Dengan mencobanya, Anda cenderung mengabaikan berbagai langkah penting. Kemungkinan besar, Anda akan mendapatkan kebiasaan yang salah dan tidak akan punya waktu untuk memahami hal-hal baru untuk apa yang Anda coba pelajari. Ini mungkin terdengar tidak logis, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengikuti cara belajar instrumen yang benar dalam waktu yang lebih singkat dari yang Anda harapkan.

Pemanasan Pergelangan Tangan dan Jari
Seperti bass, cello, gitar, atau alat musik petik lainnya, biola juga akan membuat banyak pekerjaan dari pergelangan tangan dan jari Anda. Seperti, jika Anda adalah orang yang tidak kidal, biola akan membuat tangan kiri Anda berurusan dengan senar biola di fingerboard, dan jika Anda kidal, tangan kanan Anda harus menekan senar fingerboard. Pergelangan tangan Anda digunakan untuk berputar dan berputar di samping leher Anda agar jari-jari Anda dapat bergerak dengan benar. Pemanasan jari dan pergelangan tangan setiap kali sebelum memegang instrumen biola akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menggerakkan jari dengan lebih akurat dan cepat.

Gunakan Tab Biola
Tab biola adalah alternatif terbaik jika Anda belum pernah belajar membaca teori musik. Beberapa guru juga menggunakan tab saat mengajarkan musik biola kepada pemula yang tidak terbiasa dengan bacaan atau lembaran musik. Tab akan membantu mengidentifikasi di mana tepatnya di leher Anda harus meletakkan jari untuk memainkan lagu dengan benar. Tab belajar mungkin akan menghabiskan waktu yang mungkin Anda perlukan untuk mempelajari teori musik.

Hubungi Guru Biola
Beberapa latihan musik memerlukan latihan berkala untuk memahami setiap bagian dan memainkannya dengan benar. Guru di sekolah musik Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan sesi tambahan dengan Anda. Di sana seorang guru privat datang untuk bermain. Seorang guru biola pribadi dapat membantu mempercepat proses belajar musik Anda dengan membuat Anda berlatih beberapa teknik yang lebih maju seperti ritme, improvisasi, teori musik, berfokus pada beberapa gaya musik, melatih Anda untuk berpartisipasi dalam konser atau audisi, belajar dan membaca not, dan banyak lagi. Bahkan jika Anda mempelajari alat musik biola sendiri, ingatlah bahwa seorang guru yang baik diperlukan untuk memperbaiki kesalahan dan kebiasaan buruk Anda yang mungkin Anda ikuti tanpa kesadaran apa pun. Seorang guru, yang lebih penting, dapat membantu Anda mengetahui musik dari level Anda, dan juga menjawab pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang permainan instrumen.

Meskipun sulit untuk menguasai setiap instrumen, sulit untuk membedakan antara biola dan viola sejak awal. Sebisa mungkin, Anda harus mempelajari posisi yang canggung. Instrumen akan dikalibrasi saat Anda membuat panggilan untuk sebuah nada. Piano juga lebih mudah dinavigasi saat menentukan di mana nada-nada itu berada. (eds)

Article Bottom Ad