‘Dawai Cinta’ di Ranah Edukasi

359

Article Top Ad

RSL INDONESIA atau Rockschool Indonesia, kembali mengadakan webinar pada Senin, 10 Januari 2022. Webinar kali ini adalah introduksi subyek ujian baru dari RSL Awards London, Inggris, yakni Classical Violin. Webinar diadakan di House of Piano, Dharmawangsa, Jakarta, main distributor Piano Steinway & Sons dan beberapa merk Violin, seperti Roderich Paesold, Krutz, dan Edgar E. Russ.

Sebagai pembicara tamu adalah violinist Iskandar Widjaja, musisi Jerman blasteran Medan, Arab dan Belanda yang malang melintang di Eropa, bermain bersama orkestra internasional, peraih beberapa music awards, bintang iklan kopi, yang sejak belia sudah dinobatkan sebagai prodigy dan “fliegende Finger” (The Jakarta Post, 2010).

Webinar dimulai pukul 10 dan dihadiri guru musik, guru violin, pencinta musik dari seluruh Nusantara sampai ke pelosok pulau. Sebagai host adalah Jelia Megawati Heru, M.Mus.Edu, music educator papan atas di tanah air. International Marketing Manager RSL Awards London, Inggris, Conor Burns dalam pidatonya menyampaikan salut dan kekagumannya dengan webinar RSL Indonesia dengan banyak antusiasme. Country Representatif RSL Indonesia, Andy Jobs juga memberikan pidato dan memperkenalkan Classical Violin sebagai subyek ujian baru dari RSL Awards.

Article Inline Ad

Acara dibuka dengan Medley Indonesia Pusaka dan Tanah Airku, bukti kecintaan Iskandar Widjaja pada tanah kelahirannya, Indonesia, sebelum paparan hal teknis dan non teknis tentang silabus RSL Classical Violin, yang merupakan silabus violinist abad ke-21. RSL Classical Violin memiliki beragam repertoire mulai dari genre Klasik, Crossover Klasik, Jazz, Disney, dan Pop, untuk tingkat pemula hingga mahir, mulai dari Debut, Grade 1 hingga Grade 8.

Beberapa repertoire antara lain JS. Bach’s Minuet in G, The Merry Widow Waltz, Tchaikovsky’s Theme from Swan Lake, All is Found (Frozen 2), Beauty and the Beast, Stereotypes (Black Violin), Assassin’s Creed Main Title, Demons (Imagine Dragons).
Semua repertoar dilengkapi contoh audio, backing track, dan partitur piano dengan pendekatan mendalam dan fleksibel untuk latihan, pelajaran, dan ujian.

Pada setiap grade terdapat dua lagu Pop, yang diaransemen secara khusus dan diiringi oleh piano atau full band backing track. Pada setiap grade juga dipaparkan berbagai teknik, latihan fingering, dan tips untuk berlatih. Performance pieces, technical exercise (scales & arpeggio), supporting test (sight reading/improvisation, ear test, general musicianship questions), audio, dan backing track, semuanya dikemas apik dalam satu buku.

Ujian Biola Klasik Debut diperuntukkan bagi kandidat yang telah belajar dalam waktu singkat dan telah mengembangkan keterampilan dasar, teknik, koordinasi, dan pemahaman musik. Ada dua jenis ujian utama yang tersedia di Debut, yaitu Grade Exam dan Performance Certificate, yang dapat dilakukan secara live streaming (online) maupun video exam (mengirimkan video yang utuh tanpa diedit).

Iskandar Widjaja juga mendemonstrasikan online lesson via zoom, bagaimana cara mengajar biola dengan dua muridnya di San Fransisco, USA yang bernama Alexie (11 thn) dan Lucas (12 thn). Keduanya baru belajar dengan Iskandar selama setahun di masa pandemi secara online. Keduanya adalah juara dari American protégé competition, USA dan akan tampil di Carnegie Hall pada tahun 2023 mendatang.

Hal penting yang bisa ditarik sebagai kesimpulan dalam sesi tanya-jawab adalah: seorang Iskandar Widjaja dalam filosofinya menganggap bahwa musik jangan dikotak-kotakkan. Semua musik adalah baik asalkan dialunkan dari hati. Dia juga mengatakan, Silabus RSL Classical Violin merupakan silabus yang sangat tepat untuk hal semacam itu karena tidak melulu menghadirkan lagu klasik melainkan adapula Classical Cross Over, Western traditional, dan juga Contemporary Classic.

Webinar ditutup dengan live performance “Spirited Away” sebuah single solo Iskandar Widjaja. Silabus RSL Classical Violin menarik sebuah garis demarkasi yang jelas dan tegas, bahwa Violin yang adalah perlambang dawai cinta, sudah masuk secara proporsional dalam ranah edukasi. (*)

Article Bottom Ad