Dr. TIMOTHY VANCE BLAIR, Steinway Artist ‘Keberhasilan Sebagai Guru Dimungkinkan oleh Keberhasilan Siswa’

346

Article Top Ad

Dr. TIMOTHY VANCE BLAIR telah mengabdi selama 30 tahun di dunia pendidikan musik, termasuk 20 tahun di West Chester University of Pennsylvania (WCU) sebagai dekan School of Musik, kemudian menjabat sebagai dekan dan pendiri College of Visual and Performing Arts, dan menjadi dekan serta pendiri College of Arts and Humanities.
                Banyak pencapaian penting yang telah berhasil diraih, termasuk bagaimana School of Musik, sebuah Pusat Pelatihan Resmi Apple untuk Pendidikan, menjadi All-Steinway School yang bergengsi. Demikian juga dengan The Samuel Barber Summer Institute for Musik Educators, dan The Brandywine International Piano Institute. Dr. Blair juga berhasil memperoleh penghargaan Kennedy Center National Awards for WCU Theatre & Dance, kemitraan pendidikan dengan The Philadelphia Orchestra serta menyelenggarakan berbagai resital, diantaranya resital fakultas artis WCU di Steinway dan Carnegie Hall di New York dan konser ansambel mahasiswa School of Musik di Philadelphia’s Kimmel Center for the Performing Arts.
                Dr.Blair memberikan bantuan dan bimbingan, kemitraan artistik dan pendidikan dengan Xi’an Conservatory dan Foshan Liu Shi-Kun Musik and Art School, China, serta Universitas Ulsan di Korea Selatan. Dr. Blair tampil di hadapan publik internasional sebagai pianis, dosen tamu dan juri, disamping beliau juga menjadi anggota dari berbagai organisasi dan dewan professional termasuk salah satunya menjadi tokoh penting dalam National Association of Schools of Musik.
                Dr. Blair juga ketua Musik Teachers National Association Committee for Advancement and Development, dan pernah menjabat di Board of Visitors of the New England Conservatory of Musik. Beliau juga memberikan kepemimpinan akreditasi WCU yang menghasilkan akreditasi nasional untuk semua program di College of Visual and Performing Arts yang bersejarah bagi WCU.
                Dr. Blair, yang dinobatkan menjadi Steinway Artist sejak 2001, telah tampil secara internasional dan telah diakui kepemimpinannya dalam pendidikan dan seni oleh Senator AS Robert P. Casey, Jr., serta Senat dan Dewan Persemakmuran Pennsylvania, Walikota Carolyn Comitta dari West Chester, Pennsylvania, dan Pemerintah Cina. Dr. Blair telah mendapatkan gelar kehormatan kewarganergaraan di Guiyang, Tiongkok, di mana ia juga mendapat penghargaan “honorary appointment to the artist faculty of Guizhou University by the People’s Republic of China”. Berikut bincang singkatnya di Steinway Family Story.
Siapa yang mengenalkan Anda pada piano dan pada usia berapa Anda mulai belajar dan tertarik dengan Piano?
Saya diperkenalkan dengan instrumen piano oleh orangtua saya, dan mulai bermain piano sejak usia 4 tahun. Ketika saya mulai belajar piano sama menjadi sangat bersemangat untuk bisa tampil di atas panggung. Sejak kecil saya sudah bercita-cita menjadi seorang guru.
Kapan titik balik di mana Anda memutuskan ingin menjadi pianis dan pendidik?
Pada saat saya remaja, saya mulai menyadari bahwa saya bisa dan ingin menjadi guru piano. Dalam hal ini orangtua saya dan semua guru saya sangat berpengaruh dan memberikan andil besar dalam perkembangan artistik saya.
Seberapa pentingkah akses pendidikan musik bagi anak-anak di seluruh dunia saat ini?
Akses ke pendidikan musik sangat penting saat ini. Melalui musik dan piano para siswa mempelajari ketrampilan yang sangat penting dan bisa dipergunakan sepanjang hidup mereka seperti  keterampilan berpikir analitis, kritis, kreatif, keterampilan berkolaborasi, berkomunikasi, dan kepercayaan diri.
Apa yang dibutuhkan setiap anak sebagai langkah awal belajar piano?
Dukungan dan dorongan dari orangtua dan guru adalah hal yang paling penting dan terbaik untuk diberikan kepada siswa dalam memulai belajar piano.
Bagaimana pendapat Anda tentang penggunaan instrumen yang berkualitas dalam mendukung proses pembelajaran?
Instrumen yang baik adalah hal yang sangat penting karena sebuah instrumen harus bisa memenuhi kebutuhan teknis dan musikal yang dibutuhkan pianis agar mereka bisa mencapai kesuksesan dalam proses belajar. Idealnya, sejak kecil anak-anak harus sudah diperkenalkan dan dibiasakan untuk mendengarkan nada dan suara yang baik dari alat musik yang berkualitas, untuk membangun sensitifitasnya terhadap suara.
Apa tantangan yang Anda hadapi selama bertahun-tahun dalam karir Anda sebagai pendidik piano?
Saya bisa saja memilih beberapa karir. Saya memilih menjadi guru piano walaupun ada begitu banyak guru piano di dunia. Jadi itulah tantangan terbesar adalah di awal karir saya, dimana saya harus bekerja untuk membangun studio bagi siswa, untuk menghidupi diri sendiri dan mencari nafkah.
Steinway memiliki Program STEP (Steinway Teachers and Educational Partner) di seluruh dunia. Menurut Anda bagaimana program ini akan membantu guru berdasarkan pengalaman Anda? Bagaimana guru dapat mengembangkan diri dengan dukungan Steinway?
Program STEP adalah aset pendidikan luar biasa yang disediakan oleh Steinway bagi para guru untuk dapat terus tumbuh dan berkembang baik dalam performa maupun meningkatkan keterampilan mengajar. Tidak pernah ada kata cukup dalam pengetahuan, dan belajar adalah proses seumur hidup.Kegiatan  STEP yang diselenggarakan oleh Steinway & Sons ini akan membantu guru memiliki performa yang lebih baik dan juga akan memberikan keterampilan mengajar tambahan sehingga siswa mereka akan bisa belajar dengan lebih baik lagi sehingga berpotensi lebih sukses untuk tampil, salah satunya tampil dalam kompetisi
Bagaimana pandangan Anda terhadap piano akustik?
Piano akustik menyediakan keyboard action dan suara berbeda, tidak seperti yang dihasilkan oleh instrumen elektronik. Dengan piano akustik, siswa dapat mengekspresikan berbagai dinamika nada yang kontras dan rich. Untuk mendapatkan hal ini maka diperlukanlah sebuah piano akustik. Bagaimanapun juga, musik adalah lebih dari sekedar not-not dalam sebuah partitur. Dengan proses pengajaran yang baik, guru akan menginspirasi siswa untuk mencapai tingkat musikalitas tinggi yang hal ini hanya dapat dicapai pada alat musik yang berkualitas seperti pada Steinway Piano.
Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada seseorang ingin untuk membangun karir sebagai pianis?
Pianis yang terbaik adalah musisi yang terbaik. Kami mengajar murid untuk menggunakan piano sebagai instrumen mereka. Dengan semangat dan dukungan yang diberikan oleh orangtua dan bimbingan penuh dari guru, maka murid-murid ini akan terus tumbuh dan berkembang, serta bisa meningkatkan kemampuan mereka dan pada akhirnya para pianis ini menjadi lebih dewasa dan memiliki kemampuan yang matang sebagai seorang pianis handal. Membangun karier sebagai seorang pianis tidak hanya memerlukan kerja keras dan kerja cerdas, tetapi seorang pianis harus secara konsisten memiliki kepercayaan terhadap diri mereka sendiri. Memiliki networking yang baik adalah sangat penting di awal karier dan setiap kesempatan adalah sangat berharga karena satu kesempatan bisa membawa kita ke kesempatan lainnya yang lebih besar.
Dapatkah Anda menjelaskan bagaimana Anda menghadapi siswa yang benar-benar putus asa?
Saya belum pernah memiliki siswa yang putus asa. Tetapi seandainya saya memiliki siswa yang demikian, maka langkah pertama adalah mencari tahu apa yang menyebabkan kondisi ini. Hal terpenting yang harus kita ingat adalah bahwa kita berhubungan dengan manusia, bukan hanya sekedar terfokus mengenai bagaimana mereka memainkan piano dengan baik. Dalam hal ini, kita harus mempelajari secara mendalam apakah siswa tersebut tidak memiliki kepercayaan diri karena kurangnya dukungan dari orangtua atau guru. Atau mungkin juga siswa tersebut belum bisa bermain musik dengan baik tetapi tidak memiliki pengetahuan mengenai bagaimana memperbaiki diri, dimana hal ini juga bisa menyebabkan demotivasi. Seorang siswa yang baik adalah siswa yang bisa terus memperbaiki kemampuan yang akan membawa mereka pada kesuksesan dan tentunya dengan kesuksesan maka kebahagiaan akan tercapai.
Bagaimana Anda membantu melatih atau membimbing siswa? Peningkatan apa yang Anda lihat dalam pengetahuan atau keterampilan orang tersebut?
Saya pernah mendapatkan seorang siswa dimana performance-nya umtuk sebuah karya kurang memuaskan. Ketika penampilannya selesai, saya tidak menyampaikan hal-hal yang bersifat negatif. Yang saya lakukan adalah secepatnya melakukan evaluasi atas masalah-masalah teknis yang menyebabkan masalah dalam performance ini terjadi dan secara sistematis dan perlahan mulai membantu siswa tersebut untuk mempelajari ulang dan memperbaiki permainannya secara step by step. Setelah siswa tersebut mulai memahami teknik bermain yang baik maka permainannya atas karya tersebut mulai mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan kemajuan ini terus berkembang secara pesat dari minggu ke minggu. Kemajuan ini menyebabkan siswa tersebut memiliki kepercayaan diri yang lebih baik untuk tampil dan beberapa tahun kemudian siswa ini memenangkan salah satu kompetisi besar di Amerika Serikat.
Seberapa besar pengorbanan Anda untuk sukses bekerja sebagai guru piano?
Dengan mempertahankan pola pikir dan pendekatan positif, saya sebenarnya merasakan bahwa saya tidak pernah berkorban. Keberhasilan saya sebagai guru dimungkinkan oleh keberhasilan siswa saya. Pembicaraan antar orangtua memiliki andil dalam membesarkan studio musik yang saya miliki dan oleh karena hal ini, seorang guru bisa mencapai kesuksesan dan penghasilan yang baik. Yang harus diingat adalah proses untuk mencapai kesuksesan membutuhkan waktu.
Bagaimana cara guru dan siswa mengembangkan diri?
Cara terbaik bagi siswa dan guru untuk mengembangkan diri adalah dengan mengikuti informasi-informasi terkini tentang pendidikan dan seni. Bagi guru, ini berarti melanjutkan pendidikan melalui kelas master dan lokakarya. Program STEP dari Steinway misalnya, merupakan sumber yang sangat baik untuk lokakarya pelatihan guru. Sedangkan kunci bagi murid untuk bisa tetap positif dalam mempelajari piano adalah, tetap berlatih secara benar dan konsisten. Hanya terus menerus berlatih tanpa memiliki target pencapaian, adalah sia sia. Kemajuan yang konsisten akan membawa hal positif baik bagi siswa maupun guru dan hal juga sangat penting adalah menyediakan lingkungan belajar mengajar yang positif untuk menciptakan sukacita dalam bermain dan mengekspresikan musik.
Bagaimana pandangan Anda tentang perkembangan piano dan musik klasik di Asia Tenggara?
Sebagai salah satu juri dalam Steinway Regional Finals Asia Pacific, saya sangat menikmati permainan dari 8 orang finalis tesebut. Kemampuan mereka untuk tampil sebagai artis muda sangat bisa disandingkan dengan banyak penampilan pianis dari China maupun Amerika. Setiap peserta di Steinway Regionals Finals Asia Pacific tersebut memiliki keunikan artistik dan ekspresi dalam memainkan musik mereka.
Apa yang dapat Anda bagikan tentang pengalaman Anda dengan Steinway Piano?
Saya telah memiliki Steinway Model M Grand selama lebih dari 50 tahun. Saya telah berlatih dan mengajar dengan menggunakan piano tersebut. Dalam perjalanannya piano Steinway telah menjadi sahabat saya yang paling lama dan paling konstan. Steinway dan saya telah menjadi partner artistik. Dan Steinway selalu mengilhami saya untuk bekerja demi peningkatan musik yang konsisten. (*)

Article Bottom Ad