Memulai Belajar Piano

9

Article Top Ad

LANGKAH pertama selalu sulit, baik belajar piano maupun belajar lainnya. Hampir semua pengajaran piano berlangsung secara privat. Mengapa Anda harus mempertimbangkan pelajaran privat?

Dengan semua perangkat lunak dan buku metode yang baik secara pedagogis yang tersedia saat ini dan lebih banyak lagi yang pasti akan segera tersedia, seseorang dapat mengajukan pertanyaan, mengapa harus memiliki guru piano?’ Tentu saja, siapa pun dapat memahami bahwa guru privat dapat memberikan lebih banyak manfaat. Pendekatan yang personal dan menarik dalam belajar piano, adalah salah satu alasan mengapa memerlukan guru privat, meskipun Anda menggunakan perangkat lunak atau buku metode yang bagus.

Sebagai seorang siswa, Anda dapat memperoleh manfaat besar dari kesadaran total guru terhadap kepribadian siswa. Seorang guru dapat menetapkan repertoar dan/atau teknik pendekatan dengan cara yang paling sesuai, tidak hanya dengan kebutuhan fisik tetapi juga kebutuhan emosional Anda. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat lunak.

Article Inline Ad

Untuk mengembangkan teknik, perangkat lunak hampir selalu tidak memadai. Meskipun banyak program perangkat lunak yang membahas masalah-masalah dasar seperti memegang tangan dalam bentuk bulat ketika mendekati piano, cara duduk yang benar di depan piano, dan bahkan hal-hal yang lebih teknis seperti cara menggerakkan tangga nada atau figur arpeggio dalam sebuah repertoar, mereka tidak dapat memperhitungkan fisiologi setiap siswa yang berbeda. Dibutuhkan ketelitian mata dan telinga dari seorang guru yang baik untuk memastikan bahwa ketegangan yang mengganggu dan berbahaya secara fisik, tidak berkembang ketika mencoba menangani konfigurasi tangga nada atau arpeggio.

Pengalaman adalah hal yang sulit untuk dinilai secara numerik atau moneter, namun kebanyakan dari kita menyadari bahwa pengalaman tidak tergantikan dalam bidang apa pun. Anda bisa mendapatkan manfaat dari pengalaman seorang guru dalam banyak hal. Salah satu hal tersulit yang harus disadari oleh siswa adalah bahwa sering kali ada banyak cara untuk menyelesaikan bagian yang sulit dalam sebuah karya musik.

Siswa jarang memiliki pengetahuan atau pengalaman untuk memilih fingering terbaik untuk dirinya sendiri. Bahkan score yang diedit dengan baik mungkin memberikan hasil yang tidak akan berhasil untuk Anda. Demikian pula, seorang guru dapat membantu Anda mengidentifikasi repertoar dan menantang Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda dengan memilih karya yang tepat sesuai minat dan tingkat kemampuan Anda.

Sulit juga untuk terus memotivasi diri sendiri untuk berlatih ketika Anda mencapai tantangan yang tampaknya di luar kemampuan Anda. Sekali lagi, seorang guru telah menghadapi masalah ini sendiri berkali-kali dan dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut dengan cara yang baik dan aman.

Musik bukan sekedar memainkan nada-nada di halaman, namun kemampuan untuk memahami dan menafsirkan nada-nada tersebut dengan cara yang bermakna secara emosional. Jika Anda pernah mendengar pemain dengan teknik yang kompeten, tetapi tidak memiliki pemahaman yang nyata tentang musik, Anda pasti tahu apa yang kami maksud ketika dikatakan bahwa musik lebih dari sekadar not-not di halaman partitur.

Seorang guru privat yang baik dapat membantu Anda tidak hanya belajar memainkan nada-nada dengan benar, namun juga memahami bahasa emosional dari lagu tersebut dengan cara yang akan membuat permainan Anda lebih menyenangkan untuk dilakukan dan lebih menarik untuk didengar. Inilah salah satu alasan mengapa banyak pianis profesional sesekali mengambil pelajaran dan salah satu alasan terbaik untuk mengikuti pelajaran bahkan setelah Anda belajar bermain dengan mahir.

Kita semua membutuhkan seseorang untuk berbagi dan membantu menyempurnakan ide musik kita. Guru privat mungkin orang yang paling tepat untuk melakukan hal itu, karena mereka mengenal Anda dan kemampuan musik Anda lebih baik daripada siapa pun.
Pada akhirnya, hal terpenting yang dapat diberikan seorang guru adalah kesadaran dan kegembiraan dalam bermusik. Anda mungkin bisa mencapainya sendiri, tapi Anda akan merasakan pengalaman, empati, dan pengetahuan guru akan membawa Anda ke sana lebih cepat dan lebih menyenangkan. Perangkat lunak dan buku sangat berharga, namun Anda tidak akan bisa menggantikan guru yang berdedikasi.

Sebelum Memulai Pelajaran
Jika Anda atau anak Anda berencana belajar bermain piano, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memulai pelajaran untuk memastikan waktu dan uang Anda tidak terbuang percuma.

Pertama dan terpenting, pertimbangkan baik-baik apakah Anda atau anak Anda memiliki waktu dan komitmen yang diperlukan untuk belajar. Untuk mencapai kemajuan pada tingkat yang wajar, Anda harus meluangkan waktu setidaknya satu jam sehari untuk berlatih. Selain itu, Anda harus menyediakan waktu perjalanan ke dan dari studio guru dan waktu untuk acara studio seperti konser, resital, dan kegiatan studio lainnya.

Ini mungkin terdengar seperti banyak waktu, namun jika Anda mempertimbangkan bahwa anak Anda akan menghabiskan beberapa jam seminggu untuk berlatih olahraga apa pun seperti sepak bola atau bola basket, ditambah waktu yang dihabiskan untuk permainan dan waktu perjalanan yang terkait, maka tuntutan waktu untuk pelatihan piano adalah berada dalam kisaran aktivitas alternatif.

Anda tidak dapat mengharapkan seorang guru untuk terus-menerus mengatur ulang jadwal pengajaran untuk mengakomodasi olahraga atau aktivitas Anda yang lain daripada meminta seorang pelatih untuk terus-menerus memindahkan latihan untuk mengakomodasi anak Anda.

Di luar waktu yang diperlukan untuk pelajaran dan acara studio, sangat disarankan agar Anda meluangkan waktu untuk menghadiri konser, resital, kelas master, dan sebagainya. Acara-acara ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk fokus menikmati musik sambil belajar memainkannya.

Jika Anda atau anak Anda melakukan sesuatu hampir setiap malam dalam seminggu, Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah Anda punya waktu untuk bermain piano atau, alternatifnya, apa yang bersedia Anda korbankan untuk mempelajari keterampilan yang dapat memberi Anda kesenangan bagi anak Anda.

Miliki Piano Akustik
Meskipun dimungkinkan untuk memulai pelajaran piano dengan keyboard digital atau keyboard MIDI yang terpasang pada komputer, Anda mungkin akan membutuhkan piano akustik setelah sekitar satu tahun, atau bahkan lebih cepat. Pikirkan baik-baik tentang bagaimana Anda dapat menganggarkan anggaran untuk membeli piano, jika Anda belum memilikinya.

Cobalah untuk menemukan lokasi yang tepat dan sebisa mungkin bebas dari gangguan dan interupsi. Jika Anda memiliki piano, Anda perlu menginvestasikan uang yang diperlukan agar piano tetap selaras dan berfungsi dengan baik. Tentu saja, Anda juga harus menganggarkan uang untuk pelajaran itu sendiri dan untuk musik serta materi pembelajaran.

Jangan mengharapkan guru mana pun untuk mengajar secara gratis, tidak peduli seberapa berbakatnya Anda atau anak Anda. Jika uang tunai terbatas, Anda dapat mencoba melakukan pertukaran jasa dengan guru di mana Anda melakukan pemeliharaan rumah atau layanan lain yang disepakati bersama sebagai imbalan atas pelajaran.

Orangtua dari siswa anak juga mempunyai tanggung jawab tidak hanya untuk mendorong dan mendukung siswa, namun untuk menyediakan lingkungan rumah di mana latihan difasilitasi dan pembelajaran dihargai. Sebagai orang tua, Anda dapat menjadi faktor utama keberhasilan belajar piano anak Anda; ini tidak memerlukan banyak waktu, namun memerlukan komitmen dari pihak Anda.

Seperti keterampilan apa pun yang patut dipelajari, bermain piano membutuhkan usaha, namun jika Anda sebagai siswa atau orangtua bersedia melakukan sedikit upaya ekstra, Anda akan dihargai dengan keterampilan dan pengetahuan yang dapat Anda bawa dan nikmati selama sisa waktu hidup Anda. (eds)

Article Bottom Ad