Debut Internasional Nicholas

198

Article Top Ad

PIANIS muda Nicholas Patrick Wiranata kembali tampil di ajang Festival Musim Panas Chopin Avenue di Polandia, 21 Juni – 3 Juli 2023. Bagi Nicholas, penampilannya di kompetisi piano internasional Chopin Avenue tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, putra dari pasangan Wiranata Kemala Teng dan Evie Lukman ini telah tampil dua kali, yakni Chopin Avenue Spring 2022,Chopin Avenue Autumn 2022.

Festival Musim Panas Chopin Avenue di Polandia ini dihadiri pianis-pianis muda berbakat dari seluruh dunia. Beberapa pengamat musik menganggap bahwa Chopin Avenue adalah semacam Babak Penyisihan untuk Kompetisi Piano Chopin Internasional yang sangat bergengsi yang diadakan setiap lima tahun sekali.

Article Inline Ad

Meski belum berhasil meraih juara ke-1, penampilan Nich di Polandia merupakan prestasi yang luar biasa karena ia menerima Penghargaan Consul General Award yang dipilih oleh Dewan Konsul Jenderal Polandia. Seorang Konsul Jenderal Polandia adalah penduduk asli Polandia, yang berarti dia sangat mengerti bagaimana seharusnya musik Chopin dimainkan.

Nicholas tiga kali menerima Penghargaan Consul General Award pada kompetisi Piano Internasional Chopin Avenue Spring 2022, Autumn 2022, dan Spring 2023. Penghargaan Konsul Jenderal Polandia diberikan kepada para peserta sebagai pengakuan atas keterampilan dan semangat kompetitif mereka yang memiliki potensi luar biasa untuk mencapai Juara ke- 1, ke-2 atau ke-3. Sedangkan guru Nick, Ms. Jelia Megawati Heru juga mendapatkan dua teacher award pada Autumn 2022 dan Spring 2023.

Akan lebih memahami musik Chopin melalui pengenalan budaya Polandia. Mempelajari Chopin tanpa mengunjungi Polandia seperti belajar bahasa dan tidak pernah mengunjungi negara tempat bahasa itu digunakan. Untuk memahami ritme, melodi, dan emosi musik Chopin, sangat penting untuk memahami budaya negaranya. Menguasai seluk-beluk teknis murni tidak akan cukup untuk mengekspresikan musik sebaik setelah mengunjungi Polandia dan mengalami warisan budayanya.

Karena itu kepergiannya ke Polandia tak disia-siakan Nicholas. Ia mengunjungi situs budaya dan sejarah, seperti Zelazowa Wola, tempat kelahiran Chopin dan rumahnya tempat ia dibesarkan, Museum Chopin di Warsawa, dan Taman Lazienki tempat Konser Udara Terbuka Chopin diadakan pada hari Minggu di musim panas. Nicholas juga tampil di Kastil Pszczyna di Warsawa membawakan Chopin’s Fantaisie-Impromptu dan Katowice.

Selain konser, Nick juga meningkatkan kemampuan performance-nya dengan Masterclass bersama Prof. Dr. Hyunkyung Kate Lee, Prof. Mariola Cieniawa-Puchała, Prof. Beata Bilińska, dan Janusz Olej Niczak, pianis di film “The Pianist”. Semua penampilannya mendapat sambutan hangat dan apresiasi yang baik dari penonton. Dengan debut internasionalnya itu, Nicholas Patrick Wiranata telah memberikan kebanggaan bagi Indonesia.

Nicholas lahir di Jakarta. Sejak kecil, Nick sudah menampakan bakat musiknya. Ia sudah mulai ber-beat box. Bakat ini disadari kedua orangtuanya. Mereka mencari guru piano professional untuk membina perkembangan bakat Nick dan mereka sangat beruntung. Melalui dr. Dario Turk Sp.OG, dokter yang membantu persalinan Ibu Evie, mereka diperkenalkan dengan seorang music educator terkemuka lulusan Jerman, yaitu Ms. Jelia Megawati Heru, M.Mus.Edu

Dibawah bimbingan Ms. Jelia, bakat musik Nick berkembang pesat. Baru 6 bulan belajar piano, dia sudah ikut dalam konser siswa. Pada usia 11 tahun menyelesaikan ujian Classical Piano grade 8 dengan gemilang dan selalu mendapatkan predikat super distinction (bahkan nyaris sempurna dengan nilai 99!) dan menerima empat Rockstar Awards untuk piano grade 5, 6, 7, dan 8 karena mendapatkan nilai tertinggi di seluruh Indonesia (high scorer) dan berhasil meraih Juara ke-1 Kompetisi Musik e-Rockfest 2021 yang diadakan RSL Awards Asia.

Nicholas juga telah menggelar resital tunggal pada November 2022 di Balai Erlangga, Jakarta, yang menandai awal debutnya sebagai musisi muda yang memiliki kemampuan profesional. (*)

Article Bottom Ad