Memelihara Kecerdasan Musikal

791

Article Top Ad

Bagaimana para orangtua dapat membantu mengembangkan kecerdasan musikal anak-anaknya? Karena keluarga memiliki peran penting dalam perkembangan kecerdasan musikal anak, apa yang dapat Anda lakukan sebagai ibu, ayah, kakek-nenek, atau pengasuh untuk membantu anak kecil tumbuh di area ini?

Dr. James Levine, Direktur The Fatherhood Project di The Families and Work Institute di New York City dan penulis Working Fathers: New Strategies for Balancing Work and Family, memiliki beberapa ide untuk ditawarkan. Dalam artikelnya yang berjudul “Kembangkan IQ musik anak Anda”, ia menawarkan saran-saran berikut:

Bernyanyilah untuk bayi Anda.

Article Inline Ad

Penelitian menunjukkan bahwa bayi usia dua bulan dapat mendeteksi melodi. Selain itu, bayi dapat membedakan antara suara ayah dan suara ibu. Pitch dan ritme adalah dua elemen musik yang paling berbeda.

Ketika anak Anda mendengar suara yang berbeda bernyanyi, dia mendapatkan latihan dalam membedakan secara aktif antara nada yang berbeda.

Gunakan waktu di mobil Anda

Bawalah persediaan musik anak-anak di mobil Anda dan nyanyikan bersama anak-anak Anda saat Anda mengemudi. Seiring bertambahnya usia anak Anda, perkenalkan genre lain seperti lagu pertunjukan, jazz, dan musik klasik. Musik membantu menghilangkan waktu berjam-jam dalam perjalanan panjang dengan mobil dan menenangkan ketidaksabaran saat terjebak macet. Anak-anak menikmati kebersamaan dalam kegiatan ini.

Buat musik bersama

Di antara suku Anang, suku yang sangat musikal di Nigeria, para ayah membuatkan drum khusus untuk balita mereka. Bagikan beberapa sendok kayu atau sumpit, ketuk-ketukan dengan anak Anda di beberapa balok kayu atau meja. Masukkan beberapa kacang kering atau beras ke dalam kaleng untuk membuat shaker, dan bergeraklah bersama anak Anda saat dia menggoyang irama untuk lagu apa pun yang diputar di stereo.

Nonton musik live bersama

Ajak anak Anda untuk melihat pertunjukan musisi secara langsung. Konsernya tidak harus mewah atau mahal, hanya konser yang menampilkan musik anak Anda adalah aktivitas yang, dengan latihan, dapat menghasilkan pencapaian yang nyata.

Gunakan musik sebagai agen untuk ikatan yang lebih baik dengan anak Anda. Menempa hubungan emosional dengan anak Anda sejak dini sangat penting untuk menetapkan dasar bagi hubungan yang sehat. Di jaman dimana waktu menjadi begitu penting, para ayah harus bekerja sedikit ekstra untuk memastikan bahwa mereka mengatur waktu “kita” dengan anak-anak mereka.

Secara tradisional, ibu dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka dan peran ayah dibatasi untuk melibatkan anak-anak dalam olahraga yang juga setelah mereka melewati usia 8 tahun. Musik adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ayah dengan anak-anak mereka sejak awal, saat mereka berumur beberapa bulan.

Musik berkontribusi pada pengembangan identitas kolektif. Musik dapat menjadi alat yang luar biasa dalam menjalin hubungan yang baik dengan anak-anak Anda dan menghabiskan waktu berkualitas sebagai sebuah keluarga. Berikut adalah beberapa ide tentang bagaimana “ikatan dengan musik”:

Kumpulkan daftar “lagu Anda”

Nyanyikan lagu-lagu ini bersama-sama, Menari dan bahkan menggunakannya sebagai musik latar saat Anda bermain bersama. Anda bisa mulai dengan beberapa lagu dan mengajari anak Anda untuk bergoyang mengikuti irama lagu-lagu ini.

Jadikan mendengarkan musik sebagai ritual harian

Luangkan setidaknya 5 menit berduaan dengan anak Anda sebelum Anda menidurkannya, bernyanyi dan mendengarkan musik. Banyak penelitian selama beberapa dekade telah berulang kali membuktikan bahwa penggunaan musik sebagai ritual keluarga berkontribusi pada ikatan emosional yang kuat.

Gunakan musik dalam hari-hari  anak Anda

Bahkan jika Anda tidak hadir secara fisik di siang hari bersama anak Anda, kenali beberapa lagu untuk berbagai bagian hari itu. Lagu-lagu yang familiar bisa menjadi sumber kenyamanan dan kepastian. Juga kenangan indah yang terkait dengan waktu yang Anda habiskan saat mendengarkan lagu dapat menenangkan anak Anda.

Buat lagu Anda sendiri

Musik adalah alat yang luar biasa untuk ekspresi diri dan juga kreativitas. Ayah dapat membuat lagu khusus mereka sendiri untuk anak mereka dan menyanyikannya untuk mereka. Anda juga dapat membuat lagu yang sepenuhnya milik Anda bersama anak Anda.

Ringkasnya, keluarga memiliki tanggung jawab besar terhadap perkembangan kecerdasan musik dan pemahaman musik masa depan. Anggota keluarga dekat termasuk orangtua, dan kakek-nenek, selain pengasuh dan guru dapat melakukan banyak hal untuk memberikan stimulasi yang diperlukan melalui pengalaman musik untuk memelihara kemampuan musik anak kecil. (rara)

Article Bottom Ad