Tentang Istilah Rubato

201

Article Top Ad

Halo DR. Hendry,

Salam kenal. Nama saya Amanda. Saya sudah belajar piano cukup lama, mungkin kurang lebih sepuluh tahun. Sekarang saya sudah memasuki masa kuliah. Walaupun saya tidak mengambil jurusan musik, saya tetap memutuskan untuk terus belajar musik secara privat karena saya suka sekali dengan musik, terutama musik klasik.
Pada tahap permainan saya yang mungkin boleh dikatakan sudah cukup tinggi ini, saya menghadapi dilema dalam membawakan karya-karya musik dari zaman Romantik, karena harus dimainkan dengan ekspresif dengan penggunaan rubato, yang sering membuat saya merasa tidak nyaman karena sudah terbiasa memainkan dengan ketukan yang tepat.
Sampai sekarang, istilah rubato ini masih merupakan sebuah misteri bagi saya. Apakah ada rahasia atau panduan yang dapat membantu saya untuk menginterpretasikan rubato dengan sempurna dalam sebuah karya musik? Mohon masukan dari bapak dalam hal ini, supaya bisa membantu saya untuk memainkan piano dengan lebih baik lagi.
Terima kasih banyak atas waktu yang bapak luangkan untuk menanggapi pertanyaan saya ini. Semoga Tuhan memberkati.

Salam,

Article Inline Ad

Amanda T.
Samarinda

Saudari Amanda yang budiman,
Terima kasih atas pertanyaannya. Saya senang sekali mendengar bahwa Anda telah belajar piano selama sepuluh tahun dan masih tetap bersemangat dalam mempelajari musik. Rubato memang merupakan sebuah konsep yang menarik dan penting, terutama dalam musik zaman Romantik, seperti pada karya-karya Chopin, Schumann, dan para komponis lainnya.

Konsep rubato ini tidak begitu lazim pada periode-periode musik sebelumnya.
Janganlah merasa khawatir apabila Anda merasa kurang nyaman dalam memainkan sebuah lagu dengan penggunaan rubato. Anda tidak sendirian dalam menghadapi dilema seperti ini. Menginterpretasikan rubato dengan sempurna dalam membawakan sebuah karya musik memang membutuhkan pemahaman mendalam dan pengembangan kepekaan musikal yang lebih luas.

Berikut ini, saya akan membagikan beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu Anda dan para pembaca Staccato lainnya dalam menghadapi tantangan yang serupa:

Makna Rubato
Pertama-tama, perlu kita ketahui bahwa rubato itu adalah istilah Italia yang berarti “dengan kebebasan”. Dalam konteks musik, ini berarti kebebasan dalam memanipulasi waktu dan ritme dengan tujuan untuk mengungkapkan ekspresi dan emosi dalam membawakan sebuah karya musik.

Kalau kita mencari kata rubato pada kamus bahasa Italia, arti yang sesungguhnya dari kata rubato adalah dicuri. Aneh bukan? Tentunya yang dicuri di sini bukanlah hal-hal dalam bentuk materi, melainkan waktu.

Berhubung panjang atau pendeknya waktu merupakan suatu hal yang relatif, maka apa yang dicuri itu tidak akan pernah lenyap dan pasti akan kembali lagi atau terimbangi pada waktu yang lain.

Walaupun rubato dapat menyebabkan perpanjangan atau perpendekan durasi dari suatu nada atau kalimat musik dengan tempo yang lebih leluasa, apa yang sudah diperpanjang atau diperpendek harus diimbangi kemudian dengan kebalikannya, sehingga akhirnya tidak akan ada satu ketukan pun yang hilang yang akan menyebabkan perubahan bentuk lagu.
Jadi mungkin sebetulnya lebih tepat kalau kita menganggap kata rubato itu sebagai kata yang berarti dipinjam dan bukan dicuri, karena apa yang kita pinjam harus kita kembalikan lagi.

Penting sekali untuk kita pahami bahwa memainkan dengan rubato itu tidak berarti memainkan dengan sembarangan atau dengan tempo sesuka kita, melainkan permainan yang lebih artistik dengan kebebasan yang terkendali.

Sejarah Musik
Untuk dapat menginterpretasikan rubato dengan sempurna, ada baiknya bagi kita untuk memahami karya musik yang kita mainkan secara keseluruhan. Kita perlu untuk mempelajari sejarah musik, latar belakang komponis dan gaya musik dari zaman Romantik. Selain itu, kita juga perlu untuk meneliti partitur musik yang sedang kita pelajari, memahami karakteristik dan nuansa musik yang ingin disampaikan, beserta struktur komposisi secara keseluruhan, kalimat-kalimat lagu (phrase) dan pola melodi yang ada di dalamnya.

Pengetahuan seperti ini akan bermanfaat sebagai petunjuk yang baik dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dalam memainkan rubato dengan benar. Dengan demikian, kita bisa membayangkan perasaan dan karakter musik yang ingin disampaikan oleh komponis.

Struktur Ritme dan Harmoni
Dalam mempelajari sebuah lagu, kita perlu untuk memahami struktur musik secara keseluruhan, termasuk ritme, harmoni, dan perkembangan melodi. Kita harus mempertimbangkan pergerakan ritmik dan kekuatan harmoni saat menggunakan rubato.
Melalui pemahaman struktur musik, kita dapat menyadari bagian-bagian emosional yang dapat diberikan penekanan atau perlambatan dan merasakan gravitasi yang menarik kita ke arah tertentu, sehingga menghasilkan dorongan maupun tarikan alami yang membuat musik itu menjadi lebih hidup dan ekspresif.

Meskipun rubato menyebabkan tempo dan ritme yang lebih bebas, usahakanlah untuk selalu menjaga keseimbangannya agar tidak mengganggu atau mempengaruhi struktur musik secara keseluruhan.

Teknik dan Ekspresi
Seringkali, para pianis kurang menyadari pentingnya hubungan antara teknik dan ekspresi. Banyak sekali murid-murid yang khawatir untuk bisa memainkan dengan ekspresif dan rubato yang baik tanpa menghiraukan teknik permainan mereka.

Seorang pianis harus sanggup untuk menggabungkan teknik permainan yang kokoh dengan ekspresi yang mendalam. Keterampilan dalam hal penjarian (fingering), pedal, dan artikulasi merupakan hal yang penting untuk menghasilkan permainan rubato yang mulus dan terkontrol. Tanpa adanya topangan teknik yang kokoh, permainan yang ekspresif akan mudah runtuh dan sulit dikendalikan, bagaikan tubuh indah yang tidak bertulang belakang.

Rekaman
Mendengarkan rekaman dan memperhatikan interpretasi dari pianis-pianis terkenal yang menginterpretasikan karya musik dari zaman Romantik dengan rubato dapat memberikan inspirasi dan pemahaman lebih lanjut bagi Anda. Perhatikanlah bagaimana mereka mengatur ritme dan tempo secara leluasa, serta bagaimana mereka mengungkapkan emosi melalui permainan mereka.

Alangkah baiknya apabila Anda juga bisa menonton resital piano yang memungkinkan Anda untuk memperhatikan dan memahami penampilan para pianis disertai oleh gerakan-gerakan secara fisik yang mereka gunakan dalam memainkan secara rubato.

Eksplorasi dan Eksperimen
Cobalah bermain dengan berbagai variasi rubato dalam latihan Anda. Mulailah dengan memainkan sebuah karya musik dengan ketukan yang tepat dan kemudian tambahkan sedikit kebebasan dalam rubato secara bertahap.

Bereksperimenlah dengan memperpanjang atau memperpendek durasi suatu nada atau kalimat musik secara terkontrol. Perlahan-lahan, Anda akan menemukan ketertarikan terhadap interpretasi yang berbeda dan menemukan keseimbangan yang tepat antara kebebasan dan ketukan yang tepat.

Walaupun rubato memberikan kebebasan dalam permainan kita, kita tetap harus melakukannya dengan kesadaran yang penuh. Kita harus memiliki kontrol yang baik atas tempo dan ritme secara keseluruhan. Berlatih dengan metronom dan melakukan eksperimen dengan berbagai kecepatan dan nuansa rubato yang saya utarakan tadi akan membantu Anda dalam mengembangkan keterampilan interpretasi yang baik.

Bimbingan Guru
Seperti halnya dengan keterampilan bermain piano lainnya, latihan yang konsisten dan terarah di bawah bimbingan seorang guru piano yang berpengalaman merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari rubato. Guru Anda dapat memberikan penjelasan lebih lanjut, membimbing Anda dalam latihan, dan memberikan tanggapan langsung terhadap interpretasi Anda. Seorang guru juga dapat memberikan contoh dan latihan khusus untuk membantu mengembangkan keterampilan rubato. Ingatlah bahwa interpretasi rubato itu memiliki hubungan yang erat antara ekspresi pribadi dan kepekaan artistik seseorang. Setiap pianis akan memiliki gaya dan interpretasi uniknya sendiri.

Mempelajari rubato adalah proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Teruslah berlatih dan senantiasa bersedia untuk menjelajahi hal-hal yang baru. Pada saatnya nanti, saya yakin Anda akan menjadi terbiasa dengan rubato dan akan mampu menginterpretasikannya secara alami.

Semoga masukan ini akan dapat membantu dalam perjalanan musikal Anda. Tetaplah bersemangat dalam belajar musik, dan semoga keinginan Anda akan cepat tercapai.

Salam,

Dr. Hendry Wijaya

Doktor Hendry Wijaya menarik perhatian dunia pada tahun 1996 ketika menerima penghargaan “Young Artist Piano Award” sebagai pemenang kompetisi Artist International di Amerika Serikat. Melalui penghargaan ini, ia diberikan kesempatan untuk mengadakan resital perdananya di gedung terkemuka Carnegie Hall, New York, diikuti oleh Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan memperoleh sambutan luar biasa dari para pakar musik dunia. Ia dianugerahkan gelar Doctor of Musical Arts (DMA) dari Manhattan School of Musik sebagai penerima beasiswa penuh Presidential Merit Scholarship. Kini ia menjabat sebagai Head of Piano Department di Westminster Conservatory of Musik di Princeton dan pimpinan dari Elly Lim Musik Studio di Jakarta. DR. Hendry sering diundang untuk menjadi juri di berbagai kompetisi piano internasional, seperti Golden Key Festival, Alberti International Piano Competition, Chopin International Piano Competition di Hartford, World Pianist Invitational International Competition dan sebagainya. Di sela-sela kesibukannya, ia meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pembaca STACCATO berkaitan dengan piano, edukasi dan performing. Kirim pertanyaan Anda langsung ke e-mail DR. Hendry Wijaya: [email protected] atau STACCATO: [email protected].

Article Bottom Ad