Dicky Salim: ”Pada Akhirnya Menyerah kepada Alam”

493

Article Top Ad

Ketua Panitia Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2020, Dicky Salim mengatakan, antusiasme atas kompetisi yang seharusnya dilaksanakan tahun 2020 lalu ini sangat besar. Hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang mendaftar, naik secara signifikan dibanding penyelenggaraan tahun 2018 yang lalu. Apalagi  dengan kehadiran kategori baru, Novus Talentum, yang dipersiapkan untuk mewadahi bakat-bakat pianis muda sebagai langkah awal sebelum sebelum mereka naik ke jenjang kategori utama yaitu Talentum C.

Persiapan secara matang sudah dipersiapkan sejak pertengah 2019 dengan rencana menggelar babak semifinal di empat kota besar di Indonesia, serta menghadirkan juri-juri internasional di babak akhir kompetisi ini. “Akan tetapi rencana baik ini pada akhirnya harus mengalah kepada keputusan alam. Pandemi Covid 19 datang melanda seluruh penjuru dunia pada akhir 2019 lalu, pada akhirnya dan atas masukan dari para peserta, maka kami membatalkan seluruh rangkaian kompetisi dan hanya menjalankan kompetisi hanya untuk kategori Talentum C secara online karena memang harus terpilih wakil dari Indonesia untuk ikut babak selanjutnya,” kata Dicky.

Pada awalnya, lanjut Dicky, pihaknya berharap dan terus berusaha agar babak final Talentum C dapat dilaksanakan secara offline seperti biasanya. Namun kompetisi ini harus menyesuaikan formatnya menjadi kompetisi yang diselenggarakan secara online. Begitu juga yang akan dilaksanakan di babak final regional Asia Pasifik bulan Juli nanti. “Ini sebuah keputusan yang tidak mudah diambil oleh kami dan Steinway Asia Pasifik. Tetapi inilah keputusan yang paling baik dan bijaksana yang kami ambil, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi saat ini,” katanya.

Article Inline Ad

Pihaknya tetap memegang teguh pada visi dan misi kami sejak awal kompetisi ini diadakan. Yakni menyediakan sebuah wadah kompetisi yang netral dan berkualitas untuk memilih pianis muda berkualitas yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional. (eds)

Article Bottom Ad