James Tumbangkan Dominasi Surabaya-Jakarta

539

Article Top Ad

PIANIS muda berbakat asal Medan, James Napoleon Lai, menumbangkan dominasi anak-anak Surabaya dan Jakarta di arena kompetisi piano internasional “Indonesia  Steinway Youth Piano Competition” (ISYPC) 2020.

Dalam final kategori Talentum C yang digelar secara virtual pada Minggu, 9 Mei 2021, James keluar sebagai Juara 1 kategori Talentum C dengan meraih nilai tertinggi dari 15 finalis lainnya, di bawah penilaian tiga juri, Iswargia R.Sudarno, Mario Santoso, dan Alfred Sugiri. Sementara pianis Jakarta, Francesco Manuel Bertrand Sinaga meraih Juara 2, dan  Rizal Liannto Pranoto dari Semarang harus puas di tempat ketiga.

James sekaligus menjadi pianis pertama dari Medan yang menjadi Juara 1 kategori Talentum C sepanjang lima kali penyelenggaraan ISYPC sejak 2012, dan menunjukkan bahwa anak-anak di luar Jawa juga memiliki potensi yang besar di bidang musik piano. Sebelumnya Surabaya dan Jakarta mendominasi Juara 1 di kategori paling sengit ini, antara lain  Jennifer Chrysantha (Surabaya 2012), Teofilia Onggowinoto (Jakarta 2014), Caitlin Aurelia Wiranata (Jakarta 2016), dan Pieter Gunawan (Surabaya 2018).  Selain mewakili Indonesia, James, juga menerima Trophy dan uang tunai.

Article Inline Ad

Pemenang kategori Talentum C ini akan mewakili Indonesia di babak berikutnya, Asia Pasific Regional Final, Agustus mendatang. Sedianya babak final regional Asia Pasifik digelar di China, , Agustus 2021, tetapi karena pandemi Covid 19, final diselenggarakan secara virtual.

Ketua Panitia ISYPC 2020, Dicky Salim mengatakan, meski final dilakukan secara virtual hal ini jangan membuat kecil hati karena kompetisi ini tetap sama, sebuah kompetisi yang bergengsi dan pemenangnya mewakili Indonesia. “Jadi tetap persiapkan diri dengan baik dan berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” kata Dicky Salim.

Kecuali Talentum C, beberapa kategori lain terpaksa dibatalkan pelaksanaannya karena pandemi Covid 19. Talentum C tetap dipertandingkan karena harus ada wakil dari Indonesia di final regional Asia Pasifik. Babak final Talentum C ISYPIC 2020 diikuti 31 finalis dari berbagai kota di Indonesia, dan sebanyak 15 finalis maju ke babak grand final.

Selain menentukan juara Talentum C, juri juga memberikan penghargaan Award for Stylistic Performance of Baroque Music kepada Charlene Lee ( Medan ), Award for Elegance of Classical Style kepada  Michelle ( Surabaya ), Award for Poetry of Musical Romanticism kepada  Ryu Lawden ( Medan ), dan Award for Musical Plurality of 20th Century Music kepada Michael Abimanyu Kaeng ( DKI Jakarta ). (eds)

Article Bottom Ad