Konser Online Providence Learning Centre

425

Article Top Ad

Untuk menjaga dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar musik secara online di masa pandemi, Providence Learning Centre menggelar konser siswa bertajuk “Providence Online Concert” pada Minggu, 27 Juni 2021 melalui aplikasi Zoom.

Konser diikuti 37 siswa dari kelas piano, keyboard, vokal, gitar dan violin. Dalam konser itu siswa memainkan alat musiknya dari rumah dan ditayangkan langsung melalui aplikasi Zoom. Konser dimeriahkan dengan talkshow, dan pembagian doorprize.

Dalam konser yang berlangsung dua sesi itu, tampil murid-murid Providence dari tingkat dasar hingga tingkat mahir. Pimpinan Providence Learning Centre, Susan Puspita mengatakan, acara ini merupakan agenda tetap sekolah musiknya untuk memberikan kesempatan kepada siswa menampilkan kemampuan bermain musiknya setelah belajar di Providence.

Article Inline Ad

“Karena di masa pandemi ini tidak mungkin menyelenggarakan konser offline, maka kami lakukan secara online. Kami senang karena para siswa tetap bersemangat dan antusias mengikuti konser ini,” katanya.

Konser online, lanjut Susan, kini menjadi norma baru bagi sekolah ataupun kursus musik di tengah pandemi. Sebuah pilihan yang tidak bisa dihindari ketika ada kewajiban bagi sekolah musik untuk menampilkan siswa-siswanya dalam periode tertentu selama mereka belajar secara online.

Menurut Susan, pengajaran online dan konser online di tengah pandemi pada awalnya memang sesuatu yang asing dan nyaris belum bisa diterima. Tetapi pada akhirnya sekolah atau kursus musik harus bisa menyesuaikan diri dengan  situasi dan kondisi yang ada, demi keberlanjutan proses pengajaran.

“Pelan-pelan kita harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi. Meski memang ada keterbatasan, misalnya sinyal internet yang kadang tidak stabil, tetapi norma baru di masa pandemi ini setidaknya bisa menjaga dan memotivasi semangat belajar, semangat mengajar, dan gairah  untuk tampil dalam pertunjukan,” kata Susan. (eds)

Article Bottom Ad