The 20th Piano Recital of Jelia ‘s Piano Studio

23

Article Top Ad

JELIA Megawati Heru, M.Mus.Edu sudah dikenal sebagai Music Educator papan atas di tanah air. Demikian juga dengan Jelia’s Piano Studio, sudah terpatri sebagai lembaga pendidikan musik, khususnya piano, yang tak sekedar memberi pembelajaran bermain piano, namun juga sangat mengedepankan unsur didaktik musik sebagai entitas budaya.
Pada Sabtu, 25 Mei 2024, Jelia’s Piano Studio mengadakan piano recital sebagai komemorasi napak tilasnya dalam 10 tahun berkiprah di blantika pendidikan musik di Indonesia. Selama 20 tahun napak tilasnya, para siswa Jelia’s Piano Studio sudah diberi kesempatan untuk tampil dalam berbagai venue concert di tanah air. Berbagai Pusat Kebudayaan asing termasuk Goethe Haus, Erasmus Huis, Istituto Italiano, Pusat Kebudayaan Rusia, dan @america. Selain tentu saja pada pusat kesenian nasional seperti Taman Ismail Marzuki.

The 20th Student Concert kali ini, mengambil tempat di Yun Artified, sebuah pusat seni sekaligus galleri seni paling bergengsi di tanah air di Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Konser dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama untuk para siswa pemula dan sesi dua untuk siswa intermediate, advanced dan pra Konservatori.
Dalam sambutannya, Jelia mengatakan bahwa Konser kali ini memilih tempat Art Gallery terkemuka, agar para siswa mendapat pemahaman dan holistik mindset bahwa musik, khususnya piano adalah kesatuan cultural entity dari cabang seni yang lain termasuk seni lukis dan seni kriya.

Secara khusus, konser kali ini memberikan penghargaan pada tiga siswa dengan outstanding achievement di tahun 2024. Yang pertama, Kenneth Joavel Prawira. Ia telah menamatkan Grade 8 ABRSM dengan predikat Distinction dan berhasil menjuarai berbagai kompetisi piano di tanah air. Kedua, Ken Ananta Huang. Tamat Grade 8 ABRSM dengan predikat Distinction, sudah mengadakan resital solo piano, menjuarai berbagai kompetisi piano nasional, mendapatkan Consul Award dari Konsul Jenderal Polandia dan diundang untuk bermain dalam Worldclass Concert di Hong Kong.

Article Inline Ad

Ketiga, Nicholas Patrick Wiranata. Meraih Diploma ARSM dan semenjak awal semua ujian Grade Examination diselesaikan dengan predikat Distinction. Peraih empat Rockstar Award, tiga Honorary Award dari Konsul Jendral Polandia di Hong Kong. Konser langsung di Polandia, menjadi cover majalah Staccato. Profil pada berbagai penerbitan musik secara Internasional, termasuk publikasi RSL Awards London, Inggris.

Peristiwa semacam ini tentunya bukan sekedar pertunjukan musik. Momen semacam ini adalah asupan budaya yang menginspirasi, mencerahkan dan terus mengawal keberadaan pendidikan musik di Indonesia. Salut dan Congrats untuk Ibu Jelia dan Jelia’s Piano Studio. (*)

Article Bottom Ad