Tristan Juarai Steinway Competition

396

Article Top Ad

PIANIS muda asal Yogyakarta, Alexander Tristan Hermanto, meraih tiket ke Steinway Asia Pasific Regional Finals yang akan berlangsung di Shanghai, 28-29 Juli 2022, setelah keluar sebagai Juara pertama kategori Talentum C di final Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2022, 16-18 Juni di Jakarta.

Article Inline Ad

Dalam final yang berlangsung di gedung Usmar Ismail dan Perustakaan Nasional itu, Tristan memupuskan harapan 17 finalis lainnya di Talentum C untuk mewakili Indonesia di tingkat Asia Pasifik. Di kategori paling sengit ini, terdapat sebanyak 18 finalis lolos dari babak semifinal, dari berbagai kota di Indonesia.

Selain mendapat tiket ke final regional Asia Pacific, Tristan juga berhak atas hadian dari House of Piano yang merupakan distributor tunggal di Indonesia untuk piano Steinway and Sons berupa piala berbentuk logo Steinway dan uang tunai Rp 5.000.000.

Ketua panitia penyelenggara, Dicky Salim, mengatakan, tahun ini Steinway Competition berusaha merangkul lebih banyak lagi pianis muda berbakat dari seluruh Indonesia dengan menyelenggarakan babak semifinal untuk wilayah Sumatera, Jabodetabek, Jawa, Bali dan Indonesia Timur melalui online yang telah terselenggara pada tanggal 13-15 Mei 2022.

Dari semifinal tersaring sebanyak 89 finalis yang terdiri dari kategori Novus Talentum Early Dances 5 orang, Kategori Novus Talentum Russian Composser 10 orang, Kategori Novus Talentum Sonatina 13 orang, Kategori Talentum A 15 orang, Talentum B 20 orang, Talentum C 18 orang, dan Talentum D 8 orang.

Di bawah penilaian tiga juri masing-masing Nitya Primantari, Ng Chong Lim, STM., dan Nadya Janitra, B.Mus, M.Mus, persaingan ketat para seserta terjadi di semua kategori. Di kategori Talentum C yang pemenangnya akan mewakili Indonesia di tingkat regional Asia Pasifik, 18 finalis menampilkan kemampuannya dengan sangat mengagumkan. Alexander Tristan Hermanto dari Yogyakarta akhirnya memenangkan kategori ini dan akan menjadi wakil Indonesia di Regional Asia Pasifik 28-29 Juli 2022 di Shanghai.

“Namun karena situasi belum bebas pandemi, final berlangsung secara online dengan mengirim rekaman permainannya. “Jadi pas hari H-nya, pemenang Talentum C perform secara live di House of Piano sambil direkam. Nah rekaman videonya inilah yang kita kirim ke Steinway Shanghai untuk dinilai bersama finalis dari negara lainnya,” kata Dicky Salim.

Atas nama Steinway Indonesia, Dicky bangga melihat adanya peningkatan yang signifikan dari partisipan. Tidak hanya dari segi kuantitas tapi juga dari segi kualitas. “Semoga melalui kompetisi ini, Steinway and Sons sebagai piano terbaik di dunia, yang digunakan oleh lebih dari 98% concert hall di seluruh dunia, dapat mendukung penampilan dan wadah bagi para pianis Indonesia muda untuk menunjukkan bakatnya,“ katanya.

“Terima kasih kepada Dewan Juri yang sudah membantu kami dan mensukseskan kompetisi dengan memilih pianis yang terbaik. Terima kasih juga kepada para guru yang sudah mengikutsertakan anak didiknya, dan rela meluangkan waktu melatih dengan lebih intensif supaya mereka bisa tampil dengan baik. Tidak lupa juga terima kasih kepada para orangtua yang sudah mendukung anak-anak berbakat ini dalam setiap langkah mereka bermain musik,” kata Dicky.

Menurut Dicky, menang atau kalah dalam kompetisi bukanlah sebuah tujuan akhir. Akan tetapi bagaimana semua proses dilalui, itulah yang menjadi penting. “Perjalanan sepanjang kompetisi ini semoga bisa menjadi pengalaman berharga untuk bisa terpacu lebih maju. Bagi kami, kalian semua adalah pemenang karena sudah mengalahkan rasa takut dan grogi dengan memberikan penampilan yang terbaik,” kata Dicky. (eds)

Pemenang Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2022

Kategori Novus Talentum Early Dances
1st winner : Abigail Putri Theodocia
2nd winner : Celline Wisal
3rd winner : Karina Elmira Narantaya Meliala

Kategori Novus Talentum Russian Composser
1st winner : Luella May Handrean
2nd winner : Chatarina Chloe Prasetyo Handojo
3rd winner : Malaika Sasha Jaya Putri

Kategori Novus Talentum Sonatina
1st winner : Emelly Aurelia Ng
2nd winner : Claire Nicole Lin
3rd winner : Gabrielle Felicita Chen

Kategori Talentum A
1st Winner : Alexandra Kirana Mulyono
2nd winner : Minka Corine Lim
3rd winner : Luella May Handrean

Kategori Talentum B
1st Winner : Michael Ethan Hoo
2nd winner : Emelly Aurelia Ng
3rd winner : Sinclair Justin Gohandi

Kategori Talentum C
1st winner : Alexander Tristan Hermanto
2nd winner : Abigail Zoe Wang
3rd winner : Davelyn Jesine Djiwandana

Kategori Talentum D
1st Winner : Mikhael Marcell Lim
2nd winner : Vincent Limantoro
3rd winner : Tiffany LImantoro

Article Bottom Ad