‘Live Music’ dan Kesehatan Mental

211

Article Top Ad

 

SEMENTARA penelitian telah lama menunjukkan manfaat emosional dan mental dari musik, penelitian baru menunjukkan bahwa pertunjukan music secara langsung (live music), khususnya, memiliki dampak yang lebih besar pada perkembangan psikologis.
Pertunjukan langsung dari semua jenis seni (musik, teater, seni visual, sastra) tidak diragukan lagi merupakan sesuatu yang istimewa dan memiliki daya tarik. Pengalaman-pengalaman ini juga dapat memiliki dampak yang lebih signifikan pada kesehatan mental individu secara keseluruhan daripada yang diperkirakan.

Menurut profesor psikologi Murray State, Michael Bordieri, Ph.D., musik sangat mendarah daging ke dalam jiwa emosional. Merinding, air mata, kegembiraan besar atau kesedihan besar, ketegangan, ketakutan, terhubungkan dengan segala jenis seni dalam ratusan cara. Penelitian baru menunjukkan bahwa sementara konsumsi seni dalam pengaturan apa pun bisa menyenangkan, pertunjukan langsung, khususnya, cenderung memberikan peningkatan yang lebih besar pada kesehatan psikologis individu.

Article Inline Ad

“Kadang-kadang psikolog mempelajari hal-hal yang sudah jelas. Saya rasa kita tidak perlu sains untuk memberi tahu kita bahwa pertunjukan langsung itu mengasyikkan, menarik, dan bahwa ada sesuatu yang istimewa darinya. Saya pikir sebagian besar dari kita yang pernah menonton konser atau memiliki pengalaman itu tahu bahwa ada sesuatu saat berada di sana, benar-benar menarik dan membenamkan diri Anda sepenuhnya dalam musik, bisa menjadi pengalaman yang sangat kuat,” kata Bordieri.

Menurut dia, yang menarik sekarang adalah kita memiliki sedikit ilmu untuk mendukungnya. Faktanya, ada bidang psikologi yang sangat besar yang muncul, melihat manfaat musik dan khususnya, musik live sebagai cara yang dapat meningkatkan kesehatan psikologis. Ada orang-orang yang mencoba-coba di bidang ini dan semacam merintis, dan apa yang kita lihat sekarang benar-benar sebuah ledakan. “Terutama seputar gagasan tentang hal-hal yang disebut terapi musik, gagasan bahwa musik mungkin bukan hanya kenikmatan, tetapi juga dapat memiliki aplikasi terapeutik,” katanya.

Ada beberapa cara berbeda untuk melihat ini, lanjut Bordieri, beberapa penelitian telah melihat apa yang dialami orang ketika mereka mendengarkan musik pada rekaman dibanding mendengarkannya secara langsung. Apa yang mereka temukan adalah bahwa tampaknya ada indikator aktivitas gelombang otak yang berbeda dan pengalaman emosional yang berbeda di antara individu yang terpapar musik live dibandingkan dengan orang yang mendengarkan musik langsung. mendengarkan rekaman.

Semua musik bisa bermanfaat; ada banyak bukti di sana. Tapi sesuatu tentang musik live itu istimewa. Ini menambahkan dan meningkatkan keterlibatan, ekspresi emosional yang lebih kuat, dan terkait dengan aktivasi otak yang lebih kuat di wilayah yang sama. Yang agak masuk akal. Ada lebih banyak yang terjadi secara langsung. Ada sesuatu yang lebih dari pengalaman yang bisa ada di sana.

Selain komponen visual dan aural yang meningkat dari pertunjukan live, ada aspek sosial yang menyertai konsumsi seni dengan orang lain. “Ini adalah pengalaman bersama,” Bordieri menjelaskan. “Di dunia di mana kita mungkin semakin terisolasi dan kurang kontak sosial, konser langsung menyediakan cara untuk berkumpul dan menjadi bagian dari pengalaman bersama dengan orang lain,” kata Bordieri.

Menurut dia, ada beberapa penelitian, yang baru-baru ini di Australia, yang mengamati individu yang hadir dan sering pertunjukan musik langsung, konser, dan mereka yang tidak. Mereka menemukan bahwa mereka yang melakukannya cenderung lebih bahagia, memiliki keterhubungan sosial yang lebih besar, dan lebih menyesuaikan diri secara psikologis di dunia.

Pertunjukan langsung, tentu saja, relatif tidak jelas. Spektrum kemungkinan genre, bentuk, lokasi, dan lain-lain, sangat luas. Bordieri menjelaskan bahwa baik ukuran penonton atau tempat maupun jenis seni tidak membuat perbedaan dalam memengaruhi kesehatan mental.

“Saya tidak yakin bahwa satu ukuran penonton benar. Bisa jadi berbagai pengalaman itu penting. Terkadang kerumunan besar bisa memberikan pengalaman imersi penuh, tapi terkadang, konser kecil juga penting. ruang tamu atau sesuatu yang lebih intim juga dapat memiliki efek yang sangat kuat,” kata Bordieri.

Bagi orang-orang yang penggemar klasik versus rock, lanjut dia, yang tampaknya penting adalah pengalaman. Sampai di sana, membenamkan diri dalam pengalaman, sebagai lawan untuk menemukan satu genre atau jenis musik tertentu. “Saya kira satu-satunya persyaratan adalah sesuatu yang Anda nikmati dan ingin membenamkan diri Anda. Saya pikir ini berhubungan dengan literatur psikologis yang lebih luas dan penelitian tentang pentingnya hadir, membenamkan diri, dan berpartisipasi dalam pengalaman,” jelas Bordieri.

“Kami menghabiskan begitu banyak waktu kami di pikiran kami. Itulah yang kami lakukan di tempat kerja dan di rumah – merencanakan apa yang berikutnya. Email apa yang harus saya kirim? Apa yang ada di daftar belanja saya? Kami menghabiskan banyak uang kami. Hari dalam pikiran kita, tidak hadir untuk apa yang terjadi di sini dan sekarang,” katanya.

Pertunjukan langsung menurut dia, memberi kita kesempatan, undangan, ke sini dan sekarang, saat ini, tempat ini, untuk benar-benar mengalaminya dan berpartisipasi penuh dalam pengalaman itu. Ada manfaat psikologis yang cenderung luar biasa ketika kita dapat muncul hanya di sini dan sekarang tanpa yang lain. “Saya pikir musik menawarkan undangan ke ruang itu,” ujarnya.

Jika kita mundur selangkah dan melihat psikologi dasar yang terjadi di sini, menurut Bordieri, yang paling penting adalah hubungan sosial, rasa kebersamaan, dan kehadiran. Bisa jadi teater menjadi bacaan, bagian di sini sepenuhnya tenggelam dan hadir dalam sebuah pengalaman.

“Saya pikir apa yang baik tentang itu adalah memungkinkan orang menyesuaikan dan melakukan sesuatu yang benar-benar mereka pedulikan. Saya tidak berpikir rahasianya adalah mendengarkan jenis musik atau hanya pergi ke tempat ini. Ini tentang menemukan cara untuk berkumpul ke dalam komunitas dan berbagi pengalaman tentang sesuatu yang benar-benar membuat Anda kagum dalam beberapa cara atau berpikir secara berbeda atau dipindahkan ke tempat yang berbeda. Itulah kekuatan dari seni dan pertunjukan langsung yang dapat melakukannya,” Bordieri menyimpulkan. (eds)

Article Bottom Ad