Chopin International Piano Competition

1100

Article Top Ad

CHOPIN International Piano Competition adalah salah satu kompetisi musik tertua dan paling bergengsi di dunia yang didedikasikan untuk Frédéric Chopin. Kompetisi Frederic Chopin terbuka untuk pianis dari usia 17 hingga 28 tahun. Kompetisi ini dimulai pada tahun 1927, lalu 1932 dan 1937.

Edisi keempat pascaperang kompetisi diselenggarakan pada tahun 1949 dan yang kelima pada tahun 1955 dan sejak saat itu diadakan setiap lima tahun sekali di Warsawa, Polandia. Kompetisi Piano Chopin Internasional XVIII, yang semula dijadwalkan untuk tahun 2020, ditunda karena pandemi COVID-19 dan sebagai gantinya berlangsung pada tahun 2021.

Kompetisi pertama berlangsung pada tahun 1927 di Warsaw Philharmonic. Kompetisi ini diprakarsai oleh pianis, pendidik, dan komposer asal Polandia Jerzy Zurawlew, yang mulai mencari dana untuk kompetisi piano pada tahun 1925. Saat ini kompetisi diselenggarakan oleh Institut Fryderyk Chopin. Pada tahun 1957 kompetisi tersebut menjadi salah satu anggota pendiri Federasi Dunia Kompetisi Musik Internasional di Jenewa.

Article Inline Ad

Kompetisi Chopin adalah salah satu kompetisi paling bergengsi dalam Musik Klasik, sering kali meluncurkan karir internasional para pemenangnya melalui konser besar dan kontrak rekaman. Pemenang sebelumnya termasuk Maurizio Pollini (1960), Martha Argerich (1965) dan Krystian Zimerman (1975). Pemenang terbaru adalah Bruce (Xiaoyu) Liu dari Kanada pada tahun 2021.

Kompetisi ini disertai dengan sejumlah acara termasuk konser, pertemuan, dan diskusi panel. Secara tradisional, selama kompetisi sejak tahun 1975, terdapat program khusus dalam kalender kompetisi untuk merayakan perayaan ulang tahun kematian Chopin pada 17 Oktober. Pada kesempatan ini, sebagai bentuk penghormatan kepada sang komposer, misa khusyuk dirayakan di Gereja Salib Suci di Warsawa, dimana Requiem Wolfgang Amadeus Mozart ditampilkan sesuai dengan keinginan komposer.

TAHAP KOMPETISI
Kompetisi ini terdiri dari beberapa tahap dan sejak tahun 1970 ada empat tahap dalam kompetisi. Selama tiga tahap pertama, para pianis menampilkan Nocturnes, Etudes, Ballads, Scherzos, Polonaises, Waltz, Mazurkas dan Sonata dan untuk final, salah satu Piano Concerto dari Chopin.

Pada tahun 2005 aturan kompetisi ke-15 memperkenalkan perubahan substansial. Untuk pertama kalinya babak penyisihan adalah wajib bagi semua kandidat sebelum mengikuti kompetisi piano. Kompetisi pertunjukan akan terbuka untuk umum dan diadakan dalam tiga tahap dan Final. Pada prinsipnya, juri akan menerima tidak lebih dari 80 peserta babak penyisihan untuk tahap pertama, 40 peserta akan lolos ke tahap kedua, dan 20 ke tahap ketiga, dan tidak lebih dari 10 ke babak final.

Pada tahap pertama, the preliminary round, atau babak penyisihan, peserta dapat memilih piece pada daftar repertoire yang telah ditentukan yang berlangsung sekitar 20 menit. Pada tahap berikutnya setiap pianis dapat memilih komposisi lain dari daftar repertoire untuk resital sekitar 40-45 menit. Preludes op. 45, Rondos, Scherzos, Bolero, Tarantella, Impromtus, merupakan pilihan repertoire yang paling sering dipilih. Pada tahap selanjutnya, selain mazurka dan sonata, kontestan harus memainkan salah satu polonaises. Namun piece yang sama tidak dapat dimainkan pada tahap yang berbeda. Pada babak final para pianis diwajibkan untuk memainkan sebuah piano concerto.

Institut akan memungkinkan peserta kompetisi untuk mencoba memainkan piano-piano yang akan digunakan selama kompetisi pada tanggal dan waktu tertentu untuk gladi bersih (rehearsal) bagi semua kontestan. Institut akan membuat piano latihan tersedia untuk semua kontestan. Peserta yang lolos ke final akan melakukan satu kali gladi bersih dengan orkestra. Jika kontestan melampaui batas waktu, maka juri berhak menghentikan penampilannya.

PIANO YANG DIGUNAKAN
Instrumen yang digunakan dalam kompetisi piano ini merupakan brand yang telah digunakan di gedung konser bergengsi dan kompetisi piano paling penting di dunia setidaknya selama sepuluh tahun. Brand Steinway & Sons dan Yamaha tentunya mendominasi di antara piano-piano yang dipilih oleh finalis. Brand dari merk lain akan dimasukkan dalam kompetisi dengan persyaratan tertentu. Jumlah total piano pada kompetisi tidak boleh lebih dari tiga di panggung dan harus mendapatkan persetujuan dari panitia.

PENGHARGAAN
Hadiah utama akan diberikan kepada enam finalis teratas: juara ke-1 akan mendapatkan € 40.000 dan medali emas, juara ke-2 akan mendapatkan € 30.000 dan medali perak, juara ke-3 akan mendapatkan € 20.000 dan medali perunggu, juara ke-4 € 15.000, juara ke-5 € 10.000, dan juara ke-6 € 7.000. Pemenang hadiah utama akan diberi gelar ‘Pemenang Kompetisi Piano Fryderyk Chopin Internasional’. Finalis yang tersisa akan menerima perbedaan yang sama sebesar masing-masing € 4.000 Terlepas dari penghargaan yang tercantum diatas, penghargaan khusus berikut dapat diberikan:untuk penampilan terbaik dari piano concerto, mazurka, polonaise, dan sonata.

BERKAS KOMPETISI
• formulir aplikasi yang tersedia di situs web Kompetisi, untuk dicetak, diisi dengan benar dan ditandatangani secara pribadi oleh kandidat
• catatan biografi singkat
• fotokopi dokumen resmi yang menunjukkan tanggal lahir
• tiga foto terkini, termasuk setidaknya satu foto potret, dan untuk publikasi
• fotokopi sertifikat studi musik dan prestasi kompetisi yang paling penting
• dokumen sertifikasi kegiatan artistik utama kandidat selama tiga tahun terakhir
• dua surat rekomendasi untuk mendukung aplikasi Kompetisi, disediakan oleh pendidik atau tokoh musik yang luar biasa
• rekaman video dari repertoar tahap pertama Kompetisi; video harus menunjukkan tangan pianis saat bermain dan sisi kanan seluruh sosoknya, difilmkan dengan satu kamera tanpa pemotongan selama pertunjukan. Kontrol volume dalam rekaman tidak diperbolehkan. Semua bagian harus direkam di satu tempat dan pada satu waktu.
• bukti pembayaran biaya pendaftaran 100 Euro ke rekening penyelenggara
Aplikasi dan semua korespondensi yang berkaitan dengan partisipasi dalam kompetisi harus dalam bahasa Polandia, Inggris atau Prancis, atau diterjemahkan ke dalam salah satu bahasa ini. Semua dokumen dan rekaman akan diperiksa oleh komite yang terdiri dari musisi profesional terkemuka.

KOMPETISI LAIN
Kompetisi Piano Fryderyk Chopin Internasional yang diadakan di Warsawa terkenal karena reputasinya yang luas di seluruh dunia. Namun, ketertarikan pada musik Chopin dan cara berbeda dalam memahami dan memahaminya adalah alasan mengapa kompetisi piano musik Chopin ini bukan satu-satunya di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak acara yang berhubungan dengan tradisi Chopin telah diselenggarakan. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah kompetisi lokal yang dirancang untuk mempersiapkan dan menilai kinerja masa depan para pianis muda dalam kompetisi Warsawa.

Kualitas kompetisi ditentukan oleh kriteria berikut: sejumlah besar kandidat, lebih dari yang dapat diterima karena penyelenggara harus memiliki pilihan untuk memilih pianis terbaik dari semua yang mendaftar; hadiah uang yang besar; penyelenggaraan konser untuk mempromosikan pemenang kompetisi; perbendaharaan dari berbagai kesulitan memungkinkan penilaian penuh dari peserta selama kompetisi; juri dengan reputasi tertinggi; dan penutup dengan orkestra.

International Fryderyk Chopin Piano Competition for Children and Young People, Szafarnia
Ide untuk menyelenggarakan kompetisi piano untuk anak-anak dan remaja di Chopin Center di Szafarnia pertama kali muncul pada tahun 1992. Kompetisi ini ditujukan untuk pianis berbakat dari Polandia dan luar negeri yang tampil dalam tiga kategori usia: kelompok usia yang lebih muda (10 – 12), kelompok usia yang lebih tua (13-15), dan kelompok usia remaja akhir (16-19). Menurut aturan kompetisi, peserta harus menampilkan delapan pieces berdasarkan memori (hafal).

Peserta termuda hanya ambil bagian dalam satu tahap kompetisi, menampilkan komposisi kecil oleh Bach, Polonaise awal oleh Chopin dan satu karya musik pilihan kandidat sendiri. Audisi untuk dua grup yang tersisa berlangsung dalam dua tahap. Program mereka beragam dan terutama terdiri dari karya-karya Chopin: nocturnes, mazurka, waltz, prelude, sonata allegro oleh J. Haydn atau W.A. Mozart, dan satu komposisi gaya virtuoso pilihan bebas. Penampilan seniman muda dinilai oleh juri yang terdiri dari profesor musik Polandia dan musisi asing terkemuka. Pemenang dari tiga hadiah pertama mendapatkan hadiah berupa uang dan hadiah non tunai yang diberikan oleh penyelenggara kompetisi, lembaga lain, dan perorangan. Selain hadiah uang, para pemenang juga menerima patung piala logam yang disebut “Fryderyk”.

Selama lima belas tahun kompetisi, lebih dari lima ratus pianis muda dari 20 negara ikut ambil bagian. Enam pemenang hadiah pertama kemudian naik ke tahap kedua Kompetisi Piano Internasional Fryderyk Chopin di Warsawa. Kompetisi Piano Fryderyk Chopin Internasional adalah sebuah parameter dan tolok ukur. Dengan sejarahnya yang panjang dan teruji, kompetisi Chopin menjadi dambaan dan impian para pianis dunia. Tak perlu menang dan tidak perlu menjadi juara, dapat tampil dalam sebuah kompetisi Chopin saja sudah merupakan kebanggaan diri bagi para pianis.

Namun tetap harus diingat, bagaimanapun kompetisi piano ini adalah karya manusia – a human creation. Tentu disana sini tidaklah sempurna. Selagi di dunia tidak akan ada yang sempurna. Ketidaksempurnaan itulah yang malah selalu membuat kompetisi ini menjadi selalu menarik dan nyaris abadi. (*)

Penulis: Jelia Megawati Heru (Master of Musik Education from Fachhochschule
Osnabrück Konservatorium, Institut für Musikpädagogik,Germany).

Article Bottom Ad