DR. Xiao Xue Sun

269

Article Top Ad

‘BELAJARLAH UNTUK BERSABAR’

Setelah lama malang melintang di panggung-panggung konser dunia, DR. Xiao Xue Sun, akhirnya kembali ke negeri asalnya, China, sebagai Associate Professor of Piano at Capital Normal University. Beijing. Sosok ramah dan murah senyum ini berbagi pengalamannya di Steinway Family Story

Article Inline Ad

Bisakah Anda menggambarkan bagaimana masa kecil Anda? Dan bagaimana Anda terhubung dengan musik?
Saya mulai belajar bermain piano pada usia 6 tahun. Pada saat itu di China tidak banyak anak-anak yang bermain piano seperti yang dilakukan sekarang ini. Ketika saya pertama kali mendengar suara piano di rumah sepupu saya, saya mulai jatuh cinta dengan suara itu. Kemudian, pelajaran piano mingguan memberi saya kesempatan untuk terhubung dengan musik sampai saya diterima di sekolah menengah musik profesional. Di sana, saya mulai belajar lebih banyak tentang musik, seperti sejarah dan teori musik.

Apa yang membuat Anda menyukai musik, dan siapa yang menginspirasi Anda untuk berkarir di bidang musik?
Saya merasa bermain musik dapat mengekspresikan diri saya dengan sangat baik! Apalagi ketika orang merasakan hal yang sama. Ini yang membuat saya berusaha keras dan saya merasa senang! Ketika saya berada di sekolah menengah musik profesional, saya mendapat banyak kesempatan untuk mendengarkan pianis hebat melakukan pekerjaan luar biasa di atas panggung. Saya memiliki keinginan besar untuk melakukan hal yang sama seperti mereka. Saya memutuskan untuk mengejar musik sebagai karir masa depan saya.

Bisa diceritakan perjalanan pendidikan musik Anda, pengalaman tampil, dan kompetisi piano yang pernah Anda ikuti, serta pencapaian Anda?
Saya mulai bermain piano pada usia 6 tahun, dan memasuki sekolah menengah musik yang terhubung dengan konservatori musik Xi’an di Tiongkok. Saya menghabiskan 4 tahun dikehidupan kampus di Beijing. Dari sana, saya mendapatkan gelar sarjana di China Conservatory of Music. Pada tahun 2000, saya pergi ke Amerika Serikat, dan menerima gelar Master dalam pertunjukan piano di Universitas Syracuse pada tahun 2002. Pada tahun 2006, saya mendapat gelar Doktor Seni Musik dalam pertunjukan piano di Michigan State University dan dunia melakukan pemutaran perdana solo karya piano “enam fenomena” oleh Bun-Ching Lam. Saya memiliki hasrat yang besar untuk menampilkan musik solo dan kolaboratif. Saya telah bermain di Beijing Concert Hall, National Library Concert Hall di Beijing, Carnegie Weill Recital Hall di New York, Syracuse, Buffalo, Delaware, Taipei, dan lain-lain. Saya adalah salah satu pendiri “Encore Trio”, “Harmony Piano Quartet”. Sejak 2015, saya diundang untuk tampil dan mengajar di festival musik dwibahasa “Master Players Festival & School” di Amerika Serikat. Saat ini saya sedang giat mengembangkan kerjasama musik secara internasional, saya telah memainkan konser di delapan universitas di AS dan China selama tahun 2017. Pada tahun 2019, saya menjadi pianis pertama dari Capital Normal University (China) yang diundang untuk bermain piano konserto dengan Chamber Orchestra University of North Dakota (AS).

Kekuatan apa yang Anda miliki yang menjadikan Anda seorang pianis dan guru musik?
Sebagai seorang pianis, ketika saya di atas panggung, saya merasa seluruh waktu dan ruang adalah milik saya. Saya merasa bebas untuk mengekspresikan diri. Bahkan saya memainkan bagian yang sama, saya merasakan hal yang berbeda. Pertunjukan bagi saya adalah hidup dan segar sepanjang waktu. Tidak ada yang bisa menggantikan musik. Ini membuat saya terus mengerjakannya. Sebagai guru musik, kebahagiaan terbesar adalah menemani siswa tumbuh dewasa! Melihat mereka mulai memahami musik, menyukai musik, hingga bisa berbagi musik dengan orang-orang.

Bagaimana cara Anda menginspirasi dan memotivasi siswa?
Semua siswa memiliki ruang untuk tumbuh. Merekapun memiliki permasalahan tentu saja. Hal terpenting untuk menginspirasi dan memotivasi mereka adalah tidak menunjukkan seluruh masalah. Katakan sesuatu yang cocok untuk level saat ini adalah inisial. Karena mereka semua memiliki caranya sendiri untuk menerima instruksi guru, memahami kepribadian siswa adalah kunci untuk membuat mereka percaya pada guru.

Pendekatan apa yang Anda gunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik?
Kelas studio adalah cara terbaik untuk menginspirasi pembelajaran siswa! Di kelas, siswa memiliki lingkungan pertunjukan langsung yang nyata. Dalam lingkungan ini, setiap orang ingin belajar lebih banyak dan berkinerja baik.

Pernahkah Anda mengalami waktu yang buruk dalam proses belajar musik yang hampir membuat frustrasi, dan bagaimana Anda mengatasinya?
Saya sering menghadapi masa-masa sulit dalam proses belajar musik, terutama pada tingkat mengenal karya. Ketika saya tidak terbiasa dengan musik, sangat sulit untuk menafsirkannya. Sebagian besar waktu, saya melakukan sesuatu yang lain daripada duduk di depan piano. Saya membaca buku atau mendengarkan jenis musik lain daripada hanya musik piano, berdiskusi dengan teman, pergi jalan-jalan. Setelah melakukan kegiatan “non-musik” ini, saya merasa segar dan lebih mudah memahami musik.

Masalah apa yang paling sering Anda temui dan alami saat belajar musik, dan bagaimana Anda mengatasinya?
Secara teknis, fingering yang canggung, bagian teknik yang sulit, adalah masalah yang paling sering saya temui. Secara musikal, menemukan motif musik untuk menyatukan seluruh bagian selalu membutuhkan waktu untuk saya hadapi. Biasanya saya memikirkan fingering sesuai dengan kebutuhan musik daripada kebutuhan fisik. Untuk menemukan motif musik, saya biasanya membaca beberapa buku teori untuk membantu saya melakukan penelitian ini.

Masalah apa yang paling sering Anda hadapi dalam mengajar musik, dan bagaimana Anda menghadapinya?
Siswa yang salah membaca musik, unrelax playing, tidak menyimak pada saat performance, ini adalah masalah yang paling sering saya hadapi dalam mengajar. Membaca musik yang benar adalah kebiasaan. Saya memiliki persyaratan yang sangat ketat sejak pelajaran pertama. Bagi mereka yang bermain dengan “tight bodes & hands”, saya berikan piece yang lebih ringan untuk membantu mereka memiliki ruang untuk bermain lebih santai. Bagi mereka yang bermain tanpa menyimak, saya mendorong mereka rekam performance mereka. Sehingga bila mereka mendangarkan ulang performance mereka, mereka akan mengetahui apakah mereka mendengar atau tidak disaat performance..

Pesan apa yang dapat Anda berikan kepada mereka yang sedang belajar musik?
Belajar untuk bersabar! Belajar musik adalah proses seumur hidup. Solid technique training, fund of music knowledge dan gairah untuk musik adalah poin penting untuk belajar musik. Keterampilan ini membutuhkan waktu! Jadi, harap bersabar!

Sebagai seorang guru piano, menurut Anda apa yang membuat seorang pianis yang baik?
Cinta adalah yang pertama. Anda harus menyukai musik jika Anda ingin menjadi pianis yang baik. Kedua, Anda harus mampu bagaimana berpikir secara mandiri. Itu berarti Anda harus mengenal diri sendiri dengan sangat baik dan tahu persis apa yang Anda inginkan dalam musik. Keterampilan ini membawa Anda ke tingkat ketiga: ekspresikan diri Anda dengan baik.

Menurut Anda, apa karakteristik terpenting dari seorang guru piano yang baik?
Pertama, mau berbagi ilmu dengan orang lain, dan kedua, memiliki kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah.

Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada seseorang yang ingin membangun karir sebagai pianis?
Mengumpulkan lebih banyak repertoar sebanyak yang Anda bisa disaat Anda masih muda. Dengarkan jenis musik apa pun, jangan mengunci diri dalam satu bidang. Bahkan walaupun Anda seorang pianis, baik bagi Anda untuk mendengarkan simfoni, Musik Vokal, String Quartet, Jazz dan sebagainya.

Bisakah Anda memberikan beberapa saran tentang Program STEP dan manfaat bagi guru menggunakan Steinway & Son’s Family untuk mengajar pelajaran.
Program STEP atau Steinway Teacher & Educational Partner Programs adalah platform yang bagus untuk pecinta musik, guru, dan musisi. Program ini khusus dirancang untuk instruktur atau guru piano dan mitra studio yang terafiliasi, bertujuan untuk meningkatkan hubungan mereka dengan Steinway dan mendapatkan berbagai fasilitas serta keuntungan untuk lebih mendukung pengajaran piano mereka. Dengan menjadi Steinway Educational Partner ini, peserta akan menerima sejumlah manfaat dan peluang unik. Steinway percaya bahwa pendidikan musik adalah yang paling penting. Dalam pengajaran piano, ada baiknya untuk memiliki lebih banyak variasi musik disamping piano solo, misalnya resital trio piano, recital, ceramah, konser guru dan siswa dan sebagainya. Dalam hal ini, piano yang bagus sangat penting untuk pengajaran. Ini akan mempengaruhi pendengaran siswa, sentuhan dan konsep suara yang sehat. Steinway & Son’s Family adalah pilihan terbaik untuk setiap guru dan siswa musik.

Seberapa penting bagi seorang siswa, guru, pianis untuk memiliki kualitas piano yang bagus?
Sangat penting. Memiliki piano berkualitas baik adalah awal yang baik untuk belajar musik. Dari pelajaran pertama, piano yang berkualitas baik mampu memberikan suara yang sehat bagi siswa yang merupakan hal terpenting bagi pemula. Nantinya, piano yang berkualitas baik akan mampu mengekspresikan apa yang Anda inginkan dalam bermusik. Ini akan memberi Anda berbagai warna nada, sentuhan sensitif dan berbeda. Ini membantu siswa terbiasa dengan suara dan kinerja yang matang sejak awal.

Sebagai seorang pianis dan Profesor musik, bagaimana Anda menilai piano Steinway?
Piano Steinway jelas merupakan pilihan terbaik bagi saya sebagai seorang pianis dan profesor musik. Saya memiliki Steinway pribadi saya dan saya menyukainya! Dia seperti teman terbaik saya. Dia tahu persis apa yang saya inginkan dalam musik. (*)

Article Bottom Ad