Menemukan Guru Piano

13

Article Top Ad

SAAT Anda menggunakan buku telepon untuk mencari guru, kebijakan terbaik adalah menelepon sebanyak mungkin guru di wilayah Anda dan berbicara dengan mereka tentang studio mereka, jenis siswa yang mereka ajar, dan kebijakan mereka. Ini akan memungkinkan Anda membuat beberapa keputusan mengenai guru mana yang ingin Anda luangkan waktu untuk wawancara. Pastikan untuk meminta rekomendasi dari setiap guru untuk guru lain di daerah Anda.

Setiap guru profesional yang bereputasi baik harus dapat memberi Anda dua atau tiga nama guru lain yang dapat dihubungi, baik sebagai tanggung jawab profesional maupun sesuai dengan kebijakan beberapa asosiasi guru nasional.

Anda juga harus menghubungi organisasi guru musik lokal mana pun yang Anda temukan terdaftar. Ini adalah cara yang baik untuk mengidentifikasi guru-guru di komunitas yang aktif dalam organisasi terkait pengajaran, yang dapat membantu Anda menemukan guru yang lebih berkomitmen. Jika Anda tidak dapat menemukan daftar telepon, Anda juga dapat memperoleh informasi dari Web. Jika Anda memiliki universitas atau perguruan tinggi terdekat, hubungi departemen musik. Banyak profesor piano di universitas yang mengelola studio swasta atau setidaknya dapat memberi Anda rekomendasi beberapa guru yang baik di daerah Anda.

Article Inline Ad

Rekomendasi saja mungkin tidak membenarkan memulai dengan guru tertentu, namun akan membantu Anda mengidentifikasi beberapa kandidat yang baik untuk diwawancarai. Carilah rekomendasi dari teman atau pianis mana pun yang mungkin Anda kenal. Sekali lagi, Anda mungkin tidak dapat memahami secara harfiah semua yang mereka katakan, namun pengetahuan dan pengalaman mereka memungkinkan Anda menemukan guru yang lebih baik dengan lebih cepat atau setidaknya mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk mewawancarai guru.

Semakin banyak guru piano yang memiliki situs Web studio yang memungkinkan Anda mencari tahu tentang guru dan studionya dalam kenyamanan rumah Anda. Situs terbaik akan memberi tahu Anda tentang latar belakang guru, cara studio dioperasikan, filosofi pengajaran guru, dan alat bantu pembelajaran yang tersedia untuk klien studio. Meskipun jumlah situs web guru berkembang pesat, jumlahnya masih relatif kecil dan nilai informasinya sangat bervariasi.

Memilih Guru Piano
Kami menyarankan untuk tidak pernah mendaftar ke guru hanya berdasarkan percakapan telepon atau rekomendasi. Luangkan waktu untuk melakukan wawancara awal/pelajaran singkat dengan guru. Dengan cara ini, siswa, orang tua, dan guru mempunyai kesempatan untuk bertemu satu sama lain, mengevaluasi lingkungan pengajaran, mendiskusikan kebijakan studio dan secara umum memastikan bahwa semua telah mencapai tingkat saling pengertian dan kenyamanan.

Luangkan waktu dan, jika Anda merasa perlu mewawancarai lebih dari satu guru, lakukanlah sampai Anda benar-benar merasa nyaman dengan pilihan yang Anda buat. Carilah rekomendasi dari teman atau pianis mana pun yang Anda kenal, tetapi dasarkan keputusan Anda berdasarkan hasil wawancara dengan guru.

Wawancarai beberapa guru sebelum mengambil keputusan. Jika seorang guru tampaknya menekan Anda untuk mengikuti pelajaran, berhati-hatilah.Ingatlah bahwa mengajar piano adalah pekerjaan profesional. Kebanyakan guru swasta sekarang memiliki minimal gelar Sarjana Musik. Banyak yang memiliki lebih banyak gelar lagi.

Masa-masa para ibu-ibu muda yang bepergian dari rumah ke rumah sudah hampir berakhir, dan orang tua harus mengharapkan guru mereka adalah para profesional yang berkualifikasi tinggi dan terlatih. Banyak guru juga menerapkan penggunaan laboratorium teori berbantuan komputer untuk membantu memperkuat pembelajaran privat. Studio khusus akan memiliki lebih sedikit gangguan di luar dibandingkan studio yang didirikan di ruang tamu. Carilah guru yang terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan musik, seperti memberikan pertunjukan tunggal, berpartisipasi dalam ansambel musik kamar, atau mengadakan/menghadiri lokakarya, serta mempertahankan keanggotaan aktif dalam organisasi musik.

Berapa biaya pelajarannya? Tarif pelajaran pada umumnya berkisar antara 400 ribu-hingga 700 ribu per jam. Besarnya biaya tersebut biasanya antara lain ditentukan oleh pelatihan dan pengalaman guru. Mereka yang sudah mapan dan guru yang memiliki pelatihan lebih formal biasanya mengenakan biaya lebih mahal.

Apakah guru memberikan “tambahan” seperti kesempatan tampil atau laboratorium komputer atau sekadar mengajar pelajaran, biasanya sudah termasuk dalam komponen biatya tersebut. Di studio – studio yang lebih besar mungkin memiliki tarif yang sedikit lebih rendah, namun guru mungkin memiliki lebih sedikit waktu untuk setiap siswa. Kondisi dan lokasi di mana studio pengajaran memiliki daftar tunggu siswa, kemungkinan besar akan lebih mahal daripada lokasi di mana terdapat studio yang msih memiliki lowongan untuk siswa.

Cari Informasi
Cara terbaik untuk mengetahui tarif yang berlaku di wilayah Anda adalah dengan menelepon beberapa guru dan menanyakan berapa tarif mereka, apa latar belakang mereka, dan apa yang mereka tawarkan, atau sebagai tambahan, pelajaran dasar. Ingatlah bahwa sebagian besar guru sibuk mengajar pada jam-jam “prima” sepulang sekolah dan malam hari, jadi pastikan untuk meninggalkan pesan agar guru tersebut menghubungi Anda kembali jika Anda tidak dapat menghubunginya pada awalnya.

Anda bisa menaympaikan beberapa pertanyaan tambahan yang mungkin ingin Anda tanyakan saat berbicara dengan guru. Setelah beberapa kali menelepon, Anda akan mendapatkan gambaran bagus tentang kisaran harga di wilayah Anda dan apa yang dapat dibeli dengan uang Anda.

Anda juga dapat menghubungi organisasi guru musik lokal di daerah Anda dan bertanya di sana. Melakukan beberapa panggilan telepon mungkin memakan waktu sekitar setengah jam, tetapi Anda akan mendapatkan gambaran yang baik tentang berapa biaya pelajarannya. Anda juga akan mendapatkan awal yang baik dalam proses memilih guru.

Membayar untuk Pelajaran
Pelajaran piano biasanya berlangsung antara setengah jam dan satu jam untuk siswa pemula. Beberapa guru menagih layanan mereka berdasarkan pelajaran dan mengizinkan siswanya membayar secara tunai atau dengan cek pada saat pelajaran.

Namun, lebih umum di beberapa kalangan guru untuk menagih berdasarkan “semester” (biasanya, 12 pelajaran mingguan) atau setengah semester, dengan pembayaran jatuh tempo di muka. Sama seperti Anda mengharapkan guru untuk mengajar semua pelajaran pada waktu yang ditentukan, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tepat waktu dengan pembayaran penuh untuk pelajaran.

Jika Anda harus terlambat membayar karena alasan yang baik, beri tahu guru segera setelah Anda menyadari kebutuhan tersebut. Untuk sebagian besar situasi dan tujuan, termasuk membayar les piano, uang adalah cara termudah dan terbaik untuk menangani transaksi.

Jika Anda adalah orang tua dari siswa yang tidak dapat menemukan uang tunai untuk membayar pelajaran, mungkin ada pilihan lain, tergantung pada guru dan kesediaannya untuk mempertimbangkan pilihan pembayaran alternatif. Barter, di mana Anda mengusulkan pertukaran layanan dengan guru, dapat memberikan pilihan bagi siswa yang melanjutkan atau calon siswa yang serius dan berkomitmen, bahkan ketika uang terbatas.
Tidak semua guru akan setuju dalam segala situasi untuk melakukan barter, karena mereka mungkin juga membutuhkan uang tunai. Secara umum, lebih mudah bagi siswa yang sudah ada di sebuah studio untuk melakukan kesepakatan “tukar-menukar” dengan seorang guru piano dibandingkan dengan siswa baru.

Jika Anda sebagai siswa sedang mempertimbangkan untuk mengusulkan pertukaran jasa dengan seorang guru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama dan terpenting adalah: jangan menilai terlalu tinggi layanan Anda saat Anda mengusulkan pertukaran. Anda meminta kepada guru untuk percaya bahwa Anda akan melaksanakan perjanjian perdagangan jasa.

Sama seperti bank yang mensyaratkan tingkat bunga yang lebih tinggi dari bank yang peringkat kreditnya menunjukkan bahwa bank tersebut mungkin bukan risiko yang baik, sebagai cara untuk mengkompensasi risiko tambahan tersebut, Anda juga harus memilih guru ketika mengusulkan pengaturan barter, untuk memberikan kompensasi. risiko ekstra bagi guru.

Anda harus memastikan bahwa Anda memberikan nilai yang baik kepada guru sebagai imbalan jika dia ingin menerima risiko kompensasi non-moneter untuk pelajaran. Pertimbangkan pengaturan barter sebagai komitmen yang harus dihormati dengan cara apa pun, apa pun kondisinya. Ingatlah bahwa kemajuan dalam pelajaran piano sangat bergantung pada tingkat usaha Anda dalam berlatih dan belajar. Jika Anda merasa tidak mencapai kemajuan yang memadai, fakta tersebut bukan alasan bagi Anda untuk tidak menepati perjanjian.

Ingatlah bahwa sebagian besar guru bukanlah orang yang “kaya”. Seperti halnya transaksi lainnya, kedua belah pihak harus melihat keuntungan sebelum mereka menyetujui transaksi tersebut. Jika Anda gagal memenuhi perjanjian, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan diberi kesempatan lagi, oleh guru itu atau guru lainnya. Guru yang akrab dengan layanan barter mungkin meminta Anda menandatangani perjanjian tertulis.
Perjanjian seperti ini merupakan ide yang sangat baik bagi kedua belah pihak, karena membantu mencegah kesalahpahaman dan dapat memberikan tonggak sejarah yang berguna untuk penyelesaian layanan. (eds)

Article Bottom Ad